10 July, 2010 

Marshall McLuhan: The Revolution is Media!

Oleh: rahadian p. paramita
Tentang: , ,  –  1 Komentar

McLuhan adalah seorang profesor Bahasa Inggris di University of Toronto, dan seorang garda depan dalam menginterpretasi media, dan pemaknaannya secara sistemik. Ia mengemukakan bahwa cara pandang masyarakat selalu dibentuk oleh bentuk alami media yang disampaikan dari mulut ke mulut, daripada isi pesan yang terkandung dalam media tersebut. Frase McLuhan yang terkenal, “Medium is the Message“, mengubah sejarah dengan menyatakan bahwa alat komunikasi manusia, membentuk cara mereka berperilaku. Ia juga memperkenalkan gagasan bahwa media massa pada suatu ketika akan mengubah dunia menjadi “global village“, menyusut semakin kecil seiring berkembangnya budaya saling berbagi pengalaman dan pertukaran informasi.

Buku McLuhan, Understanding Media: The Extensions of Man, bukanlah bukunya yang pertama, tetapi menjadi buku yang laris sepanjang masa. Ia mengasah gagasannya di kampus, bahkan sempat mengembangkan kurikulum berjudul “Understanding New Media“, yang berisi prinsip dasar tentang efek sensorik dari berbagai jenis media. Dalam kurikulum tersebut, McLuhan pertama kali memperkenalkan bahwa beragam media – pidato/ceramah, cetak, fotografi, telegraf, telepon, film, radio, dan televisi – semuanya dapat berfungsi sebagai penunjang umat manusia dalam hal peningkatan kekuasaan dan kecepatan penyebaran informasi. Mungkin, buku inilah kurikulum pertama yang sudah bicara tentang Media Literacy.

Pendekatan McLuhan terhadap media menunjukkan perubahan yang substansial. Para pendidik di Amerika selalu terbiasa untuk mendayagunakan teknologi; cetak, slide dan proyektor, film 16 mm, televisi, dan seterusnya. Tetapi penggunaan utama teknologi tersebut untuk menunjang proses penyampaian informasi pada saat kegiatan belajar belajar berlangsung. Belum ada gagasan yang konkrit untuk memanfaatkan teknologi tersebut dalam rangka mendukung beragamnya cara belajar siswa. McLuhan lah yang mendorong gagasan ini.

…Independent of each other, the key developers of Mamaroneck media projects all referred to the influence of McLuhan whose modest disclaimer for his work was: “All I have to offer is an enterprise of investigation into a world that’s quite unusual and quite unlike any previous world for which no models of perception will serve.” (4)

McLuhan dikritik oleh banyak pihak, terutama yang tak mampu memahami gagasannya. Tapi, seorang filsuf yang lain, John Culkin, yang sedang menuntut ilmu untuk menjadi pendeta Jesuit, suatu saat membaca salah satu artikel McLuhan. Ia salah satu yang setuju dan tertarik atas berbagai pandangan McLuhan terhadap media. Ia lalu bertekad untuk bisa bertemu McLuhan. Culkin, kemudian dikenal sebagai salah satu pelopor dalam studi melek media di dunia.

* Image: http://en.wikipedia.org/wiki/Marshall_McLuhan

* Sumber: http://www.medialit.org/reading_room/article617.html

Satu Komentar untuk “Marshall McLuhan: The Revolution is Media!”

  1. davide

    I liked your post. Cheers

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!