19 March, 2010 

Media Sosial itu Apaan Sih?

Oleh: rahadian p. paramita
Tentang: , ,  –  Komentar Anda?

Apaan sih social media? Pertanyaan ini mungkin sering muncul, seiring dengan popularitas social media, atau media sosial, yang kini sedang menanjak. Di berbagai media massa, isu ini sering dibahas, baik dari sisi positifnya, maupun negatifnya. Ada banyak sekali pula penjelasan mengenai media sosial ini. Ini hanyalah salah satu ulasan tentang media sosial, yang berhasil ditemukan di internet. CommonCraft.com, adalah website unik yang menyajikan banyak sekali video-video, dengan judul label “… In Plain English“. Maksutnya adalah, “… penjelasan dalam bahasa yang sederhana”.

Menurut video dari CommonCraft.com ini, sosial media terlahir seperti gagasan menjual Ice Cream (Es Krim). Diversifikasi rasa dalam produk Es Krim, memberi ide pada banyak orang untuk membuat es krim-nya sendiri. Lalu bermunculan lah banyak sekali es krim dengan berbagai rasa. Tetapi tentu saja ada satu atau dua yang paling terkenal, dan itu wajar saja terjadi. Tapi, kini pilihan itu menjadi semakin banyak.

Es krim dalam cerita ini merupakan analogi yang menarik, dari ranah media. Es krim diibaratkan seperti informasi, yang dulu dimonopoli oleh media massa mainstream, seperti televisi, koran, atau majalah. Sekarang, dengan adanya internet, semua orang punya saluran sendiri, dan bisa membuat medianya sendiri, untuk kepentingannya sendiri.

Lihat video »

Es Krim, dalam video ini kemudian tidak saja dimonopoli oleh industri, tetapi siapapun bisa memproduksi es krim. Resikonya adalah, semakin banyaknya produk, membuat konsumen bingung menentukan pilihan. Agar konsumen tidak pusing, maka ada gagasan untuk membuat “rapot” tentang produk es krim yang dijual. Maka kini konsumen bisa memberi reting, komentar, dan terlibat dalam memberi saran serta kritik. Akhirnya, produk dapat meningkatkan kualitas setelah belajar dari konsumen.

Begitu pula dengan media. Kini khalayak tidak saja mengkonsumsi informasi dari media, tetapi mendapat banyak sekali kesempatan untuk turut memproduksi informasi melalui medianya sendiri. Inilah sifat media sosial, dari dan untuk masyarakat. Karena sifatnya yang sangat demokratis, dibutuhkan sikap dan perilaku yang relevan dengan ide demokrasi itu sendiri. Kebebasan berpendapat, tetapi tidak melupakan etika yang berlaku dalam suatu masyarakat, dan tentu saja jangan sampai melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

Di sinilah peran melek media, atau media literasi, atau literasi media sangat penting. Untuk mampu bersosialisasi dalam dunia yang baru ini, dibutuhkan pemahaman yang cukup. Tidak cuma soal pemahaman, tetapi juga sikap dan keterampilan yang baru. Membuat komentar tentu mudah, tapi komentar yang relevan dan tidak melanggar, tentu membutuhkan sejenak waktu untuk berpikir. Maka, bijaklah dalam menggunakan media sosial. Bersosialisasilah!

Silakan menikmati video-nya. 😀

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!