30 January, 2012 

Protes Terbesar di Internet Sepanjang Sejarah

Oleh: Melekmedia
Tentang: ,  –  Komentar Anda?

Ribuan bahkan mungkin jutaan situs di internet ikut ‘memboikot’ dalam rangka menentang RUU Anti-pembajakan AS, Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect-IP Act (PIPA) atau populer disebut SOPA-PIPA. Sedemikian besarnya aksi, kira-kira seberapa besar gaungnya? Situs sopastrike.com telah merilis sebuah infografik, mengkalim bahwa gerakan ini merupakan protes di internet terbesar sepanjang sejarah.

Dalam sebuah infografik yang sangat panjang, dijelaskan dalam angka seberapa besar dampak gerakan ini. Paling tidak 115.000 situs turut beraksi, menghasilkan tak kurang dari 10 juta tanda tangan dan 3 juta surat elektronik yang menentang RUU ini. Media sosial seperti Twitter dan Facebook, memang tidak ikut memboikot dengan aksi blackout, tetapi jadi media yang ampuh dalam menyebarkan informasi. Gerakan ini juga telah mendorong banyak senator AS berbalik menentang pengesahan SOPA-PIPA ini secara terbuka. Di bawah ini adalah rekaman dari situs sopastrike.com yang menampilkan infografik tersebut.

Mengenai dampak SOPA-PIPA ini untuk Indonesia, baca saja di artikel Detik.com pada tautan ini, atau dari Kompas.com yang ini. Atau tonton video di bawah ini. End Piracy, Not Liberty!

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!