Ada yang belum tahu tentang Wikileaks? Ia adalah organisasi internasional yang menampung bocoran dokumen-dokumen rahasia negara dan perusahaan dari ‘orang dalam’, dan disebarkan kepada publik melalui situs webnya, wikileaks.org, atau sekarang berpindah ke wikileaks.ch untuk alasan kemananan. Situs WikiLeaks sendiri baru diluncurkan secara resmi pada Desember 2006.

Menurut Julian Assange -orang yang dianggap sebagai Direkturnya Wikileaks- ia berjanji akan merilis dokumen-dokumen yang layak diketahui publik, dan memastikan ada dampak politik atas pembocoran itu sebagai balasan atas risiko yang diambil orang-orang yang membocorkan rahasia tersebut kepada Wikileaks. Salah satu pembocor rahasia yang kemudian menjadi terkenal adalah Bradley Manning, tentara Amerika yang bertugas di Irak. Ia kini menjadi buronan pemerintah AS, tetapi juga mendapat dukungan dari banyak pihak. Berkat aksinya, dunia kini melihat kelakuan tentara AS yang sebenarnya di medan perang.

Indonesia juga sempat digemparkan oleh berita penyalahgunaan kekuasaan SBY yang dirilis oleh media Australia. Menurut media itu, sumber beritanya adalah kawat Kedubes AS yang datanya bocor ke WikiLeaks. Kasus itu kini menguap, dan tidak ada yang memperpanjang, meski sempat muncul di headline berita nasional. Berita keterkaitan SBY dengan Bank Century, pertikaian KPK-POLRI, lalu isu penggunaan intelijen untuk mengawasi pesaing politik bahkan menterinya sendiri, semua turut menguap. Lalu muncul website www.indoleaks.org, mirip WikiLeaks tetapi menyediakan data tetang Indonesia.

Video berikut ini merupakan dokumenter perjalanan Wikileaks, mulai dari perannya mengungkap kejahatan perang AS di Irak, kasus perkosaan yang dituduhkan kepada Julian Assange, serta perpecahan di tubuh Wikileaks setelah kasus tersebut. Durasinya cukup panjang, hampir satu jam, dan semua berbahasa Inggris. Kalau Anda butuh narasinya, bisa menonton langsung dari halaman Youtube Dari alamat awal, video tersebut kena cekal karena ternyata dianggap melanggar hak cipta. Ini adalah tautan alternatifnya.

Via WikiRebels: A Documentary On WikiLeaks

*Gambar diambil dari inilah.com

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!