17 September, 2012 

Televisi, Hipnotis Terbesar di Dunia

Oleh: Melekmedia
Tentang: , ,  –  Komentar Anda?

Televisi memang mirip kotak pandora. Banyak keajaiban yang bisa muncul tiba-tiba dari sana, membuat orang terpana, lalu terlena. Tapi televisi sebagai media massa, punya fungsi yang sebaiknya diperankannya dengan baik. Di antaranya membuat informasi yang objektif, tanpa kesan memihak atau memojokkan pihak tertentu.

Faktanya, manusia di belakang produksi acara televisi tidak senetral itu. Bukan cuma televisi, hampir semua media – bahkan media sosial – punya sudut pandangnya sendiri yang bisa saja subyektif. Karena itu perlu kritis terhadap konten di media. Khususnya televisi, seringkali telah dijadikan pengasuh anak oleh orang tuanya; agar anak tak rewel ditempatkanlah ia di depan televisi.

Serial tweet dari akun Twitter @PsikologID berikut, mungkin bisa mencerahkan kita tentang dampak televisi terhadap perilaku dan pola pikir penontonnya, khususnya anak-anak yang belum mampu membedakan dengan baik, mana yang benar dan yang salah. Selengkapnya bisa dilihat dari tautan berikut: Dampak Televisi terhadap Perilaku dan Pola Pikir.

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!