14 January, 2010 

Membaca Foto – NYT Opiniator

Oleh: rahadian p. paramita
Tentang: ,  –  1 Komentar

Dari The New York Times Opiniator, ada eksperimen mengenai cara membaca foto dalam konteks jurnalisme. Ketiga foto di web tersebut, adalah foto yang sama, dengan keterangan foto dibuat berbeda. Mungkin, dengan hanya judul saja, tanpa penjelasan yang lebih lengkap, kita tidak terlalu ‘tertipu’ dengan maksa sebenarnya. Tapi coba perhatikan penjelasan foto berikut ini:

A child’s toy lies amidst broken glass from the shattered windows of an apartment block near those that were demolished by Israeli air strikes in Tyre, southern Lebanon, Monday, Aug. 7, 2006. Israeli bombs slammed into a complex of buildings flattening four multistoried apartment blocks, including the one apartment that had been the target of Saturday’s Israeli commando raid, whilst a civil defense ambulance was hit in the rear and slightly damaged with emergency workers who had gone to the bomb site to search for bodies being forced to flee. (AP Photo/Ben Curtis)

Penjelasan ini adalah asli dari foto yang paling kiri. Dengan hanya menambahkan satu kalimat, maka kita bisa membelokkan fakta dalam foto itu, menjadi pesan lain sesuai keinginan kita. Siapapun kita, yang punya kepentingan dengan pesan sesuai foto yang ada. Inilah prinsip pertama dalam melek media, Authority. Siapa pengirim pesan, bisa berdampak pada isi pesan yang disampaikannya.

Penjelasan selengkapnya, silakan kunjungi web koran The New York Times Online. Dalam halaman ini, mereka memang sengaja bereksperimen, untuk membuktikan bahwa penyajian foto bisa dimaknai berbeda oleh pembaca, tergantung paradigma yang digunakannya. Apalagi jika ada informasi lain yang sengaja ditambahkan untuk mengubah makna di dalamnya. Pembaca yang melek media, akan ‘menguliti’ sebuah kemasan pesan, agar tidak tertipu oleh atribut saja.

Satu Komentar untuk “Membaca Foto – NYT Opiniator”

  1. rahadian p. paramita

    Great resource, and experiment too!

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!