8 June, 2010 

PSA Series: Body Image and Media

Oleh: Melekmedia
Tentang: ,  –  1 Komentar

Melanjutkan pembahasan mengenai dampak media terhadap perempuan, terutama remaja putri pada artikel Efek Media terhadap Citra Diri (Body Image) Bagian-1 dan Bagian-2, berikut ini adalah sekumpulan PSA (Public Service Announcements) tentang Body Image and Media, atau pencitraan diri dan media, oleh user bernama SociologyOfGender dari Yotube.

Dalam video di bawah ini, disebutkan bagaimana 1 dari 200 perempuan menderita anoreksia. Anoreksia adalah perilaku menyimpang dalam hal makan, dimana setiap kali habis makan perempuan akan memuntahkan makannya demi mengurangi asupan karbohidrat dan lemak yang masuk ke tubuhnya. Pada dasarnya ini adalah gangguan makan yang ditandai oleh penolakan makanan yang mengakibatkan berat badan berkurang sampai ke tingkat yang membahayakan. Hal ini dilakukan semata-mata agar tubuhnya selalu langsing. Padahal, memiliki tubuh langsing, atau sangat kurus, bukanlah segala-galanya.

Salah satu gambar dalam video ini menampilkan model asal Prancis, Isabelle Caro yang dikenal sebagai ambassador sebuah perusahaan pakaian untuk kampanye antianoreksia. Sungguh sangat disayangkan ia harus menghela napas terakhir di usia 28 tahun akibat anoreksia yang sudah ia derita sejak berumur 13 tahun. Isabelle Caro sempat menimbulkan kegemparan dengan kampanye iklannya pada 2007. Di dalamnya, Isabelle difoto telanjang dengan anoreksia dan senyum menyeringai oleh fotografer Italia, Oliviero Toscani.

Show »

Media memiliki dampak kuat pada persepsi remaja putri terhadap dirinya sendiri, terutama pada konsep kecantikan. Memaksakan konsep mainstream pada dirinya sendiri, sangat berbahaya karena hanya akan menghilangkan kepercayaan pada dirinya sendiri. Melek media mendorong remaja putri lebih percaya diri daripada mempercayai apa saja di media.

* Image: Captured from video.

Satu Komentar untuk “PSA Series: Body Image and Media”

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!