UPDATE: Glubble tidak lagi bisa diakses, tampaknya proyek ini tidak berlanjut lagi.

Glubble adalah add-ons atau piranti tambahan dalam Mozilla Firefox, perambah internet yang sangat terkenal. Karena hanya berupa add-ons, Glubble hanya memodifikasi tampilan Firefox agar ramah anak, dengan ‘menghalangi’ akses tertentu agar anak tidak bisa menggunakannya. Tapi secara keamanan, Glubble belum bisa menjamin (Lihat: Update artikel tentang review Gaulin di bagian bawah artikel ini) , meski bisa dibilang lumayan untuk memberi batasan pada akses internet kepada anak di bawah 12 tahun. Berikut adalah salah satu cara menggunakan Glubble, yang bisa Anda dapatkan juga dari glubblenews.com [tautan sudah tidak aktif – pen]. Pengayaan ini hanya tersedia untuk komputer dengan OS Windows 98 hingga WinXP.

Bagaimana menambahkan anggota keluarga pada Glubble Family Page

November 3, 2008 by Alexander

Glubble untuk Keluarga adalah pusat aktivitas online untuk seluruh keluarga. Dengan menambahkan anggota keluarga baru pada Family Page, Anda dapat berbagi foto-foto keluarga, saling mengirim pesan, dan mengelola acara keluarga penting seperti hari ulang tahun. Kakek-nenek, paman, bibi, sepupu, dapat ditambahkan, sehingga seluruh keluarga dapat berkumpul secara online dan bersenang-senang! Menambah anggota keluarga sangatlah mudah.

Untuk menambah anggota keluarga baru Anda perlu untuk mengklik pada link “Add family member” (tambah anggota keluarga) pada halaman Family Page Anda.

Klik pada link “Add Family member”.

Anda dapat menemukan link “Add family member “, tepat di bawah foto profil Anda di sisi kiri. Ketika Anda mengklik link tersebut Anda akan dibawa ke halaman di mana Anda dapat memasukkan anggota keluarga baru.

Langkah 1: Pilih dewasa, atau anak

Glubble menciptakan halaman khusus anak (Kids Page), di mana mereka bisa bermain, belajar dan menemukan web dengan aman. Orang dewasa dapat mengakses halaman keluarga (Family Page) dan berpartisipasi dalam semua kegiatan-kegiatan keluarga.

Langkah 2: Masukkan rincian untuk anggota keluarga baru

Setelah memilih untuk menambahkan orang dewasa atau seorang anak untuk halaman Family Page, Anda akan melihat suatu form di mana Anda dapat memasukkan profil tentang anggota keluarga baru tersebut. Jika Anda memasukkan alamat e-mail untuk orang dewasa dengan benar, anggota keluarga akan diundang secara otomatis ke halaman keluarga Anda.

Langkah 3: Tekan “Save” dan profil baru diciptakan!

Setelah menekan tombol simpan (Save), anggota keluarga baru telah dibuat. Jika orang dewasa, ia secara otomatis diundang untuk halaman keluarga Anda melalui e-mail. Jika seorang anak, Glubble akan secara otomatis membuat halaman khusus anak-anak untuknya.

Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin anggota keluarga yang Anda inginkan. Coba tambahkan kakek-nenek, sepupu, paman dan bibi agar halaman Family Page Anda hidup!

Diterjemahkan secara bebas. [ via glubblenews.com ]

UPDATE:
Meskipun Glubble menawarkan tools yang mudah dan praktis digunakan, ternyata sebagai add-ons dalam Mozilla Firefox, Glubble masih belum terlalu aman untuk anak. Ini dikarenakan glubble masih memberi peluang anak untuk mencari lewat mesin pencari, seperti google.com atau Yahoo.com.

Review ini disampaikan Pam Gaulin, seorang Journalis/Penulis dan AC’s Content Producer of the Year (2007) dalam web www.associatedcontent.com, pada sebuah artikel yang berjudul Glubble FireFox Add-on: It’s Not Safe for Kids, yang terdiri dari 2 bagian. Gaulin berpesan, “And half-safe is not safe at all, when children under 12 are concerned“… Untuk anak berusia 12 tahun, ‘setengah’ aman saja tidaklah cukup!

Tapi kalau Anda mau mencobanya, tidak ada salahnya juga kok. Berikut saya temukan video cara menggunakannya penjelasan tentang Glubble dan tautan untuk mendownload file pengayaan untuk kemudian diinstall ke perambah:

3 Komentar untuk “Glubble – Jejaring Sosial untuk Keluarga (offline)”

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!