11 March, 2011 

Quintura, Mesin Pencari di Internet untuk Anak

Oleh: rahadian p. paramita
Tentang: ,  –  Komentar Anda?

Selama ini, mungkin Google adalah mesin pencari di internet yang paling populer digunakan oleh orang Indonesia. Dari website Alexa.com, website mesin pencari yang paling banyak diakses dari Indonesia adalah Google.co.id, peringkat nomor dua di bawah website jejaring sosial, Facebook. Nomor tiga terbanyak adalah google.com, diikuti oleh Blogger.com, lalu Yahoo.com.

Meskipun di google ada fasilitas untuk memfilter hasil pencarian dengan tiga kategori Telusur Aman; Mati, Longgar, dan Ketat, tetapi peluang munculnya konten-konten yang tidak layak bagi anak-anak tetap tinggi. Karena itu ada banyak website mesin pencari untuk anak, misalnya yang satu ini, Quintura.

Karena tidak mudah mendampingi anak-anak terus-menerus ketika mereka daring, maka akan sangat berguna jika orang tua mengatur setelan homepage perambah di komputer rumahan, dengan website ini. Dengan begitu, hasil pencarian mereka akan aman dari berbagai konten yang tak layak bagi anak-anak.

Quintura ini mesin pencari berbasis Adobe Flash, sehingga kita harus memastikan dulu plug-in flash telah terpasang dengan baik di perangkat perambah yang kita gunakan. Misalnya, Anda memakai Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau Google Chrome, harus dipastikan bahwa perambah tersebut dapat menjalankan program Flash. Jika Anda tidak yakin, kunjungi halaman Adobe Flash ini untuk menginstal pengayaan Flash sesuai perambah yang Anda gunakan.

Picture 9Berdasarkan percobaan, ketika memasukkan kata “sex” di Quintura, kita akan menemukan 5 hasil, yang semuanya hanya berkaitan dengan dokumen ilmiah sesuai dengan kata kunci tersebut. Bandingkan jika kita mengetikkan kata kunci yang sama di Google atau Yahoo, kita bisa mendapatkan berbagai dokumen yang mengandung konten tak layak bagi anak-anak.

Cara ini bisa digunakan bagi orang tua yang membiarkan anak-anak browsing internet sendiri di rumah, tanpa pendampingan dari orang dewasa. Selain cara ini, Anda juga bisa menggunakan WOT, pengayaan untuk perambah Mozilla Firefox, yang memfilter tautan-tautan dengan reputasi yang tidak jelas, atau tidak aman dikonsumsi orang awam. Untuk anak, juga ada Glubble, pengayaan perambah yang khusus dirancang untuk menampilkan halaman yang ramah Anak.

Selamat mencoba!

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!