16 March, 2011 

Waspada Email Address di Facebook

Oleh: Ofan Ebob
Tentang: , ,  –  1 Komentar

Sebagian dari anda mungkin tidak mengetahui bahaya penggunaan akun email untuk auntentikasi login di Facebook. Situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini memberikan keleluasaan pada penggunanya sehingga memungkinkan setiap pengguna melakukan pengaturan custom account.

Hal ini lah yang menjadi sebuah masalah baru jika ada segelintir orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan fasilitas pengaturan akun standar oleh pengguna yang awam.

Sesuai tema artikel di sini yaitu “Waspada Email Address di Facebook”.

Beberapa potensi negatif yang kemungkinan besar akan timbul:

SPAM (spamming dari spammer) adalah kegiatan seseorang di dunia maya yang menyalah gunakan akun email untuk kepentingan promosi atau komersial secara berulang ulang tetapi bukan pada tempatnya sehingga membuat sebagian pengguna email menjadi terganggu karena adanya inbox mail dengan isi pesan tidak jelas, tidak penting dan tidak dibutuhkan oleh pengguna tersebut.

PISHING atau bahasa keren nya Jebakan Batman (Kaskuser) adalah kegiatan seseorang di dunia maya yang membuat sebuah web lengkap namun memiliki isi atau konten yang tidak sesuai dengan tautan, judul dan deskripsi web nya. Biasa nya pishing ini di lakukan bersamaan dengan spam namun tidak menutup kemungkinan kegiatan pishing dilakukan sendiri oleh pelakunya. Pishing sendiri merupakan kegiatan paling berbahaya karena biasa nya akun korban di bajak dengan cara hacking dari tautan yang di klik (menggunakan link dynamic).

Apa dampak dari potensi yang dihasilkan karena kurangnya pengetahuan seorang pengguna tentang pengaturan akun miliknya?

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan malpraktek dari pemanfaatan email address anda:

  1. Alamat email anda di sebar luaskan untuk kepentingan komersial, sehingga memberikan ketidaknyamanan di Inbox mail seperti Spamming,
  2. Alamat email anda di gunakan untuk kepentingan tertentu oleh segelintir oknum dengan memberikan tautan atau email berupa Phising untuk memancing anda sebelum mereka hack akun anda,
  3. Jika anda seorang Blogger aktif, tidak menutup kemungkinan alamat email anda digunakan untuk penyamaran oleh oknum di beberapa form komentar atau kontak author.

Beberapa solusi yang mungkin bisa anda lakukan sebagai proteksi sederhana khusus nya di akun Facebook anda:

  1. Silahkan atur ulang Akun Facebook anda dengan melakukan beberapa penyuntingan display email account di Privacy Setting, lihat screenshoot:
    Privacy_Setting_test
    Caranya:
    Klik Menu Account di menu atas kanan di Facebook
    Klik Privacy Setting/Pengaturan Privacy
    Selanjutnya silahkan sesuai kan berdasarkan referensi pada screenshot
  2. Selain email anda juga bisa mengatur privacy yang lain seperti Foto Album, Video, Post Wall, Tag dan lain sebagainya

Banyak sekali service yang disediakan oleh Facebook yang mungkin kita sendiri tidak begitu faham dan mengetahuinya, artikel security setting for dummy ini akan dilanjutkan mengikuti perkembangan dari kebijakan pihak Facebook sendiri. Selamat membaca dan selamat mencoba.

Satu Komentar untuk “Waspada Email Address di Facebook”

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!