9 July, 2011 

Hari Tanpa TV

Oleh: Melekmedia
Tentang:  –  Komentar Anda?

Gerakan Hari Tanpa TV sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu di Indonesia. Gerakan yang sama juga bisa kita lihat di dunia, tetapi dengan durasi yang lebih lama, satu minggu. Gerakan dimulai sejak 1994, dan diberi nama TV Turn Off Week. Salah satu inisiatornya adalah lembaga nirlaba asal Kanada, adbusters.com. Ada juga gerakan yang lebih ekstrim di turnoffyourtv.com

Gerakan ini sekarang diubah namanya menjadi Screen-Free Week, dan dikelola oleh Center for SCREEN-TIME Awareness. Koalisi ini merupakan gabungan penggiat media yang tersebuar di 70 negara di dunia. Tujuannya untuk mengkampanyekan pemanfaatan media secara sehat. Tahun 2011 ini, sudah dilaksanakan pada bulan April-Mei yang lalu. Kita bisa saja membuat inisiasi yang sama pada tanggal 23 Juli nanti, sekaligus memperingati Hari Anak Nasional.

Mengapa perlu mematikan televisi

Mematikan televisi bukan untuk menghindari dari terpaan media, tetapi mengurangi dampak televisi terutama terhadap anak. Televisi tidak bisa dijauhkan begitu saja, tetapi harus dibatasi terpaannya. Video wawancara dengan Prof. Dr. Arif Budiman di wabah ini mungkin bisa memberi penjelasan lebih lanjut.

Media di Indonesia, menurut Arif Budiman, sudah cukup baik karena kini lebih terbuka dibanding jaman Orde Baru. Tetapi kebebasan ini membuat televisi kemudian didominasi oleh tayangan-tayangan ‘murahan’ yang hanya mengikuti selera pasar. Diskusi dengan anak tentang apa yang dilihatnya di televisi menjadi sangat penting, untuk menyadarkannya bahwa dunia nyata tidak seperti apa yang dilihat di layar kaca.

Tampilkan video »

Dari situs UNICEF, kita juga bisa mendapatkan beberapa iklan layanan masyarakat yang menarik. Iklan-iklan di bawah ini mencoba menyampaikan pesan, bahwa hidup akan terasa lebih baik tanpa televisi. Berikut adalah tiga contoh iklan televisi yang ada di laman itu. Iklan – iklan ini juga tersedia dalam versi media cetaknya, diproduksi oleh Lowe Indonesia untuk UNICEF secara pro-bono (sukarela/tanpa biaya khusus).

Tampilkan video »

*Gambar diambil dari luvori.wordpress.com. Gambar ini menurut blog tersebut didedikasikan untuk Hari Tanpa TV 2011. Kalau Anda tertarik, dipersilakan menggunakannya.

Komentar Anda?


Topik

Komentar

Gabung Melekmedia!