4 May, 2011 

Keplesetnya Media Massa

Oleh: errithethird
Tentang: , , ,  –  2 Komentar

malu-malu

Beberapa waktu yang lalu, ketika berita Osama bin Laden tewas karena serangan AS sedang mendunia, muncul berita aneh bin lucu seputar isunya.

Misalnya soal foto-foto Osama, yang ternyata belakangan disangkal sebagai foto asli, karena pihak tentara Amerika pun belum pernah mempublikasikan foto tersebut.

Yang tak kalah menarik adalah kesalahan media massa dalam mencantumkan nama Osama, atau bahkan melafalkan nama Osama menjadi Obama. Banyak juga kelucuan serupa media massa lokal kita. Di Amerika jaringan TV FoxNews, sedangkan di Indonesia, MetroTV.

Kesalahan kecil jadi berita lucu, karena berbagai macam alasan, bisa saja ditolerir. Tetapi “sejarah” kesalahan besar, tercatat dimana-mana. Kesalahan cukup fatal, mungkin yang dilakukan Jaringan TV FoxNews pada 2000, ketika memberitakan Bush memenangkan pemilu di negara bagian Florida, meski perhitungan belum selesai.

Di Indonesia, MetroTV dan TVOne, dan RCTI pernah diberi peringatan KPI karena menayangkan hasil perhitungan cepat sebelum hasil Pemilu Presiden 2009 selesai dihitung.

Bicara mengenai kesalahan konyol media massa, iseng saya cari di berbagai situs di internet, rekaman-rekaman kesalahan yang pernah terjadi televisi Indonesia. Berikut adalah beberapa video yang ketemu di YouTube.

Penyiar salah sebut nama stasiun TV-nya sendiri

Penyiar ngomong beribet saking cepatnya

Video ini sudah disunting di bagian depannya, tapi kalau dilihat bagian akhirnya, memang tidak terlalu jelas apa yang sedang dijelaskan.

Penyiar tak sanggup menahan tawa

Penyiar berita senior Indonesia, Ira Koesno dan Arief Suditomo tampak kocak saat siaran live Liputan 6 di SCTV. Saat mereka menyampaikan berita secara live, Ira dan Arief tak kuasa menahan tawa. Bahkan saat kamera tak menyorot wajah, terdengar suara tertawa dari kedua penyiar berita ini.

Video ini kisah lain penyiar yang tak sanggup menahan tawa saat membacakan berita. Lagian, ini berita soal burung yang lepas. Videonya sudah disunting sedemikian rupa, ditambahi dramatisasi kelucuannya.

Namanya juga manusia, tidak ada yang sempurna. Hati-hatilah, teman. Ada jutaan pemirsa yang menonton Anda, dan mungkin mempercayai betul reputasi Anda sebagai media massa. Jangan sampai reputasi itu rusak gara-gara kesalahan yang tak disengaja, apalagi kalau yang disengaja.

2 Komentar untuk “Keplesetnya Media Massa”

  1. Ofan Ebob

    Parah gan… nampang muka cakep doang presenter nya…

  2. melekmedia

    Yang penting cakep gan… 😀


Topik

Komentar

Gabung Melekmedia!