Menghapus Data Pribadi Dari Google – Melék Media


Beranda  »  Tata Laksana » Untuk Umum   »   Menghapus Data Pribadi Dari Google

Menghapus Data Pribadi Dari Google

Oleh: Melekmedia -- 1 Mei, 2022 
Tentang: , , ,  –  Komentar Dinonaktifkan pada Menghapus Data Pribadi Dari Google

google hapus search pexels firmbeecom

Google menerima permintaan penghapusan konten dari hasil penelusuran di mesin pencari miliknya.

Khususnya terkait data pribadi, yang bila telanjur tersebar dapat merugikan seseorang. Misalnya, dalam kasus doxxing, nomor rekening bank, atau kartu kredit yang dapat digunakan untuk penipuan keuangan.

Google kini memperluas kebijakan tersebut, menambahkan daftar informasi lain yang dapat diminta untuk dihapus bila ditemukan di hasil penelusuran.

Termasuk di antaranya informasi kontak pribadi seperti nomor telepon, alamat email, atau alamat fisik, dan informasi yang menimbulkan risiko pencurian identitas, seperti kredensial login.

Hasil rekaman gambar e-KTP warga negara Indonesia, misalnya, banyak tersebar padahal memuat informasi pribadi. Coba saja cari dengan kata kunci “gambar e-ktp“.

Tentu ada pengecualian. Perusahaan akan mengevaluasi apakah sebuah konten muncul sebagai bagian dari catatan publik di situs pemerintah atau sumber resmi. Dalam kasus seperti itu, tidak akan melakukan penghapusan.

“Saat kami menerima permintaan penghapusan, kami akan mengevaluasi semua konten di halaman web untuk memastikan bahwa kami tidak membatasi ketersediaan informasi lain yang berguna secara luas, misalnya dalam artikel berita,” demikian pernyataan Google.

Penting untuk diingat, menghapus konten dari hasil penelusuran Google tidak akan menghapusnya dari internet. Anda mungkin perlu menghubungi hosting atau penyedia server situs yang memuat informasi tersebut secara langsung—jika Anda merasa nyaman melakukannya.

Menjadi melek media dan informasi, termasuk di dalamnya adalah menguasai literasi digital. Aspek keamanan merupakan salah satu pilar utama dalam literasi digital. Dalam hal ini, melindungi data-data pribadi.

Cara menghapus data pribadi

Personally identifiable information (PII) atau informasi pengidentifikasi pribadi dapat dihapus bila secara signifikan menimbulkan risiko pencurian identitas, penipuan keuangan, kontak langsung yang berbahaya dengan seseorang, atau bahaya spesifik lainnya.

Hal ini mencakup penyebaran informasi pribadi, yakni pembagian info kontak dengan cara yang berbahaya. Bila memenuhi kriteria yang telah ditentukan, Google akan menindaklajuti laporan URL terlapor dalam bentuk:

  • Menghapus URL yang diberikan untuk semua kata kunci penelusuran,
  • Menghapus URL hanya untuk kata kunci penelusuran yang menyertakan nama Anda, atau
  • Dalam situasi tertentu, menolak permintaan Anda.

Persyaratan untuk menghapus data pribadi

Agar Google dapat mempertimbangkan penghapusan konten terlapor, konten tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Nomor identifikasi rahasia yang diterbitkan oleh pemerintah seperti Nomor Tunggal Identifikasi Wajib Pajak (Argentina), Nomor Registrasi Penduduk (Korea), Kartu Identitas Penduduk (China), termasuk Nomor Kartu Penduduk (Indonesia) dll.
  • Nomor rekening bank
  • Nomor kartu kredit
  • Gambar tanda tangan yang ditulis tangan
  • Gambar dokumen identitas
  • Catatan yang bersifat sangat pribadi, dibatasi, dan resmi, seperti rekam medis
  • Info kontak pribadi (alamat fisik, nomor telepon, dan alamat email)
  • Kredensial login rahasia

Persyaratan untuk menghapus konten doxxing

Agar Google dapat mempertimbangkan penghapusan konten yang diduga dipakai doxxing, konten tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Memuat info kontak Anda.
  • Adanya:
    • Ancaman eksplisit atau implisit, atau
    • Pesan ajakan eksplisit atau implisit agar orang lain melakukan kekerasan atau pelecehan.

Bila yakin memenuhi kriteria tersebut di atas, Anda bisa langsung mengeklik tautan berikut untuk meminta penghapusan informasi.

Akan muncul menu tanya-jawab, dan Google akan merespons sesuai situasi yang Anda hadapi seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Contoh tampilan permintaan penghapusan informasi pribadi

Penghapusan foto anak

Google juga meluncurkan kebijakan baru untuk memungkinkan foto anak di bawah 18 tahun dihapus dari hasil pencarian Google. Gambar-gambar tersebut tidak akan muncul di tab Gambar atau sebagai gambar mini di fitur apa pun di Google.

Kebijakan barusan menetapkan siapa pun berusia di bawah 18 tahun, atau orang tua atau wali mereka, dapat meminta penghapusan gambar mereka dari hasil penelusuran.

Agar permintaan dapat diloloskan, konten tersebut harus memenuhi semua persyaratan berikut:

  • URL yang dikirimkan adalah URL gambar. URL web (halaman berisi teks dan gambar) tidak memenuhi syarat untuk dihapus berdasarkan kebijakan ini.
  • Gambar menampilkan individu yang dapat diidentifikasi yang saat ini berusia di bawah 18 tahun. Termasuk gambar dalam situasi tragis, mislanya anak yang telah meninggal sebelum mencapai usia 18 tahun.
  • Pemohon penghapusan adalah individu dalam foto dimaksud, wali sahnya, atau perwakilan resmi individu tersebut atau wali sahnya.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk meminta agar gambar tersebut dihapus dari Google:

  1. Kunjungi halaman bantuan untuk memastikan syarat permintaan penghapusan gambar.
  2. Gunakan formulir permintaan penghapusan di tautan berikut ini.
  3. Untuk mengisi formulir pelaporan gambar yang muncul di hasil pencarian, siapkan beberapa informasi seperti:
    • URL gambar dari setiap gambar yang ingin Anda hapus
    • URL halaman hasil penelusuran apa pun yang berisi gambar
    • Kueri atau kata kunci penelusuran yang memunculkan gambar.
  4. Setelah Anda mengirimkan permintaan, Google akan meninjaunya dan mencari informasi tambahan yang mungkin diperlukan untuk memverifikasi bahwa permintaan tersebut memenuhi persyaratan untuk dihapus.

Patut diingat, menghapus gambar dari hasil Google tidak menghapusnya dari internet. Anda mungkin perlu menghubungi webmaster situs untuk meminta mereka menghapus kontennya juga.

Bila penghapusan dikabulkan

Bila pelaporan Anda dikabulkan, Google akan mengirim email konfirmasi secara otomatis. Email ini mengonfirmasi bahwa permintaan tersebut telah diterima. Anda akan mendapatkan notifikasi tentang setiap tindakan yang dilakukan.

Selanjutnya, Google akan meninjau permintaan Anda. Setiap permintaan akan dievaluasi berdasarkan berbagai faktor, termasuk persyaratan di atas. Bila diperlukan, Google juga akan mengumpulkan lebih banyak informasi.

Jika permintaan penghapusan tidak memenuhi cukup informasi untuk proses evaluasi—misalnya URL tidak ada—Google akan memberikan petunjuk khusus dan meminta Anda mengirim ulang permintaan.

Jika URL yang dikirimkan terbukti memenuhi kriteria, URL tersebut akan dihapus untuk semua kueri (kata kunci penelusuran) atau hanya akan dihapus dari hasil penelusuran yang kuerinya menyertakan nama pelapor, atau pengenal lain yang diberikan, seperti alias.

Jika permintaan tidak memenuhi persyaratan, Google akan menyertakan penjelasan singkat. Bila demikian, dan suatu saat Anda memiliki materi tambahan untuk mendukung permintaan, jangan ragu untuk mengirim ulang permintaan penghapusan.

Photo by Firmbee.com

Artikel lain sekategori:

Maaf, Anda tak bisa lagi berkomentar.



Exit mobile version