Hati-hati Saat Berbagi (1,5 jam)?

Bagian pertama ini menyoal "Hati-hati saat berbagi" (Share with Care). Pada dasarnya materi ini tentang privasi di internet untuk segala usia. Pesan intinya, hampir tidak mungkin mengambil kembali apa yang Anda bagikan di internet, mengontrol siapa yang akan melihatnya, atau memperkirakan seberapa lama konten tersebut akan bertahan di dunia maya.

Jangan Tertipu Konten Palsu (1,75 jam)?

Penting untuk memahami bahwa kontak atau konten yang ditemukan secara daring belum tentu benar, dan bisa saja penipuan atau pencuri informasi, identitas, atau properti lain. Penipuan daring seringkali menggoda pengguna dari segala usia menanggapi postingan dan promosi palsu—terkadang dari orang yang berpura-pura menjadi seseorang yang mereka kenal.

Amankan Data Pribadi (1,5 jam)?

Siapa pun berselancar di Internet—game, telepon, asisten digital, komputer, dll.—perlu mengetahui dasar-dasar privasi dan keamanan daring. Melindungi perangkat dan informasi pribadi di dalamnya berarti memikirkan apa yang "masuk dan keluar" dan bijak dengan kata sandi.

Bersikap Baik itu Keren (1,25 jam)?

Internet dapat menonjolkan kebaikan juga hal-hal negatif. Belajar mengekspresikan kebaikan dan empati—dan bagaimana menanggapi hal negatif serta pelecehan—sangat penting untuk membangun hubungan yang sehat dan mengurangi intimidasi, depresi, dan masalah lainnya.

Jangan Diam (1,25 jam)?

Penting bagi warganet untuk memahami bahwa mereka tidak sendirian saat melihat konten online yang menimbulkan rasa tidak nyaman—terutama jika bisa melukai seseorang. Jangan ragu untuk bertindak atau mencari bantuan dari seseorang yang dipercayai. Ketahuilah ada berbagai cara untuk mengambil tindakan.
1.6 Reputasi daring

Anda akan mengeksplorasi bagaimana berbagai tipe orang—orang tua, majikan, teman, polisi—akan terlihat karakternya dari jejak digital yang mereka tinggalkan ketika beraktivitas secara daring.

Dalam materi Reputasi daring berikut, Anda akan:

  • Memahami perspektif orang lain saat kita memutuskan apakah akan membagikan informasi secara online atau tidak.
  • Mempertimbangkan konsekuensi dari pengungkapan informasi pribadi: apa yang Anda bagikan menjadi bagian dari jejak digital yang dapat bertahan lama.
  • Mempertimbangkan tentang apa artinya mengkurasi apa yang mereka posting secara online dan bagaimana kaitannya dengan jejak digital mereka.

Orang yang berbeda dapat melihat informasi yang sama dan menarik kesimpulan yang berbeda darinya. Jangan berasumsi bahwa publik di ranah daring akan melihat Anda sesuai yang Anda bayangkan. Citra Anda di benak publik bisa saja berbeda dengan apa yang Anda inginkan.

Citra tersebut bisa terwujud lewat jejak digital yang Anda tinggalkan. Jumlahnya bahkan mungkin lebih banyak daripada yang Anda kira. Kita perlu memperhatikan apa konsekuensinya. Bayangkan saat publik melihat postingan kita, yang dapat dikaitkan dengan karakter diri. Cobalah melihat dari sudut pandang ini:

  • Apakah Anda ingin orang-orang mengetahui semua informasi pribadi yang Anda bagikan? Mengapa?
  • Tipe orang seperti apa yang Anda bayangkan akan dipahami oleh publik?
  • Bagaimana menurut Anda publik akan bereaksi terhadap kesan tersebut?
  • Menurut Anda, bagaimana publik akan menggunakan informasi tersebut?

Situasi yang berbeda membutuhkan tingkat privasi yang berbeda. Memikirkan bagaimana orang lain akan melihat apa yang Anda posting adalah kunci dari kebiasaan menjaga privasi di ranah daring dengan baik.

Lalu bagaimana melindungi reputasi digital saat membuat postingan, berikut kiatnya:

  • Pikirkan tentang konten apa pun yang akan Anda posting atau kirim.
  • Berinteraksi dengan orang lain secara hormat dan memperlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan.
  • Setel profil Anda ke pribadi sehingga hanya teman Anda yang dapat melihat foto dan kiriman Anda – pastikan Anda memeriksa secara teratur bahwa pengaturan tidak diubah oleh aplikasi atau pembaruan lain.
  • Perhatikan setiap foto yang telah menandai Anda dan hapus semua yang dapat menyebabkan pelanggaran.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga reputasi di ranah daring? Temukan kiat-kita beserta penjelasannya dalam permainan berikut: