0(0)

Mengenal Melek Media

About Course

Materi belajar daring ini memperkenalkan konsep dasar melek media, sebagai kemampuan berpikir kritis dan bertindak secara arif dalam menghadapi informasi.

Description

Tantangan muncul di era baru media dengan lahirnya internet. Melek media, atau literasi media, oleh UNESCO sudah disebut sebagai tantangan baru yang perlu dihadapi. Internet, atau dunia maya tak ubahnya seperti hutan belantara. Hanya ‘penduduk asli’ dunia itu yang bisa bertahan.

Apa itu melek media? Kenapa istilahnya “melek media”? Melek media adalah padanan media literacy. Ada yang menerjemahkannya literasi media. Padahal, penggunaan kata “melek”, merujuk istilah “melek huruf” yang sudah dikenal sebagai lawan dari “buta huruf”.

Melek media, dapat menjadi bekal dan panduan umat manusia agar dapat bertahan hidup dalam peradaban baru yang dibawa oleh media. Bukan cuma internet yang kita kenal melalui komputer desktop, atau laptop, kini internet juga ada di saku kita.

Objectives

  • Menjelaskan rasionalisasi pendidikan melek media;
  • Membedakan literasi atau melek media dengan literasi yang lain;
  • Menyebutkan ruang lingkup kemampuan melek media.

Topics

5 Lessons55m

Apa & Mengapa Melek Media?

Melek media adalah kemampuan berpikir kritis dan bertindak secara arif dalam menghadapi informasi.

About the instructor

Blog komunitas ini di bawah koordinasi Dewan Pengawas Yayasan Kalyana Mandira (KM). Rahadian P. Paramita sebagai ketua, lama berkecimpung di dunia permediaan dan pendidikan, sejak 2010 tertarik dengan konsep melek media karena tautannya dengan pendidikan kritis.
4.35 (20 ratings)

2 Courses

0 students

Free

Material Includes

  • Berbagai materi dari berbagai sumber.

Requirements

  • Tidak ada persyaratan khusus.

Target Audience

  • Masyarakat umum.