NFT dan Desas-desus Tentangnya

Senin, 01. 17. 2022  –  Category: Artikel, Media 2.0

Semua pihak mungkin setuju bahwa NFT pemuja Hitler tidak boleh dijual di pasar terbuka, tetapi bukankah itu risiko memberi keleluasaan semacam desentralisasi via blockchain?

KENTUT: Tentang Demam NFT di Indonesia

Sabtu, 01. 15. 2022  –  Category: Artikel, Media 2.0

Jika suara dalam pemilu diibaratkan sebuah token dalam DAO, publik mungkin tak perlu lagi komisi pemilihan dan parlemen. Jika kelak bisa terwujud, mungkin tak ada lagi ritual jualan kentut lima tahun sekali.

Netizen Indonesia Lebih Percaya Media

Jumat, 12. 31. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Saat ketidakpastian berlimpah, kepercayaan dibutuhkan lebih dari apapun. Tergerusnya kepercayaan pada media tradisional, membuat aktor-aktor jahat leluasa menebar informasi.

Di Balik Debat Desentralisasi Web 3.0

Minggu, 12. 26. 2021  –  Category: Artikel, Media 2.0

Web 3.0 disebut-sebut sebagai anti-tesis pendahulunya. Katanya ia pro-privasi, dan anti-monopoli. Meski begitu, belum ada definisi yang baku tentangnya. Bagaimana riwayat kemunculan teknologi ini?

Awas, Ada Industri Surveilans Partikelir

Jumat, 12. 17. 2021  –  Category: Artikel, Media 2.0

Setidaknya 50 ribu orang di 100 negara jadi target surveilans, termasuk di Indonesia. Demikian diungkap Meta Platforms Inc. dalam sebuah laporan.

Literasi Digital Indonesia Pas-Pasan

Senin, 11. 29. 2021  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Tidak gegabah rasanya bila menyatakan bahwa capaian literasi digital yang tak menggembirakan ini, jauh lebih butuh prioritas untuk diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan.

Perlukah Normalisasi e-Sports di Sekolah

Jumat, 11. 26. 2021  –  Category: Artikel, Media 2.0

Gagasan membuat kurikulum untuk mempelajari e-Sports di sekolah formal harus diteliti dan dikaji mendalam. Bagaimana dengan melek media dan informasi sebagai life skills?

Resolusi PBB menyatakan bahwa warga negara harus memiliki keterampilan melek media dan informasi, dan negara-negara anggota PBB wajib mencapai tujuan tersebut.

Metaverse di Antara Semesta Nyata dan Maya

Jumat, 11. 12. 2021  –  Category: Artikel, Media 2.0

Konsep metaverse bisa mirip Ready Player One, tapi sebagian mirip The Matrix. Belum ada definisi yang memuaskan semua (banyak) orang.

Sensor Tidak Lebih Baik Dari Melek Media

Selasa, 11. 9. 2021  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Sensor, khususnya di internet, mengandalkan mesin yang butuh sumber daya besar tetapi hasilnya tak seberapa. Pendidikan melek media tetap lebih baik.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) terpaksa digelar karena penyakit Covid-19 maha menular. Efektivitas metode ini terbukti berpengaruh terhadap learning loss siswa.

Menjual Hantu Halloween hingga ke Indonesia

Sabtu, 10. 30. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Halloween bukan sekadar soal kepercayaan belaka. Populer ke seluruh dunia lewat film, ada motif ekonomi yang terbilang besar.

Cancel Culture: Konsekuensi atau Pelampiasan

Kamis, 10. 28. 2021  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Frasa cancel culture jadi buah bibir di media. Perdebatan tentangnya masih panas, ada yang menganggap ini konsekuensi, atau pelampiasan yang berlebihan.

Rayuan dalam 3 Film Drama Romantis Indonesia

Jumat, 10. 22. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Dilan cocok bergelar si Raja Gombal, lebih jempolan dibandingkan Galih dalam Gita Cinta dari SMA (1979), apalagi Rangga dalam film Ada Apa dengan Cinta (2002).

Siaran TV Digital, Penonton Harus Pintar

Minggu, 10. 17. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Pengawasan saja tak sanggup menjawab maraknya program siaran di TV digital. Seluruh para pihak penyiaran termasuk KPI bertanggung jawab menyiapkan masyarakat.

Otak bagian depan atau frontal lobes memproses informasi setelah melewati amigdala. Bila amygdala hijack yang terlebih dahulu muncul, proses menafsir informasi secara logis urung terjadi.

Facebook: Di Antara Keuntungan dan Kemaslahatan

Selasa, 10. 5. 2021  –  Category: Artikel, Media 2.0

Sudah jatuh, tertimpa tangga. Begitulah kira-kira nasib Facebook belakangan ini. Pengguna mendadak tak bisa mengakses Facebook, Instagram, dan WhatsApp selama kurang lebih 6 jam pada Senin (4/10/2021) malam, waktu Indonesia. Netizen sejagat pun heboh. Facebook–induk dari ketiga layanan–menuding kesalahan konfigurasi pada server adalah biangnya. Bukan saja pengguna yang terputus dari koneksi ke layanan mereka, infrastruktur […]

Daur Ulang “G30S/PKI” Sejak 2009

Kamis, 09. 30. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Tahun demi tahun, seperti ada upaya mempertahankan siklus “suplai dan permintaan” seputar isu PKI. Selain debat soal pemutaran film G30S/PKI di televisi, “kebangkitan PKI’ juga masih jadi topik favorit.

Hallyu di Indonesia: Awalnya Dae Jang Geum

Jumat, 11. 1. 2019  –  Category: Artikel, Pantau Media

Hallyu di Indonesia bukan sekadar K-Pop, ada fesyen, drama, film, buku, dan lainnya. Gelombang budaya ketiga di Asia yang mulai bangkit sejak 1990-an, justru dimulai dari drama serial. Drama yang menguras emosi, paras rupawan para bintang, hingga tarian lincah para artis K-Pop membuat konsumen rela menghabiskan 12 hingga 20 jam saban bulannya. Itulah sebagian materi […]

Privasi adalah Persoalan Kedaulatan

Selasa, 01. 10. 2017  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Bila setuju bahwa privasi adalah sebuah wujud kebebasan dan kedaulatan maka harus dilindungi, bukan untuk disembunyikan.

Menyoal Model Bisnis Media Daring

Jumat, 12. 16. 2016  –  Category: Artikel, Pantau Media

Rata-rata klik atas sebuah iklan display mencapai 0,1 persen, atau hanya 1 dari 1.000. Sedangkan untuk iklan display berukuran 468×60 piksel, hanya mencapai 0,04 persen.

Linimasa Media Daring Indonesia

Rabu, 11. 9. 2016  –  Category: Artikel, Pantau Media

Republika mungkin yang pertama online. Namun bila melihat cara kerjanya, Detikcom layak disebut pionir media daring Indonesia.

Quo Vadis Media Daring Indonesia

Sabtu, 11. 5. 2016  –  Category: Artikel, Pantau Media

Perkembangan teknologi telah mengubah wajah jurnalisme, khususnya pada media daring. Melahirkan perpaduan harmonis antara tradisi dengan inovasi

Facebook Manjakan Pengguna, Abai Dampaknya

Minggu, 10. 11. 2015  –  Category: Artikel, Media 2.0

Tulisan ini aslinya saya terbitkan di Beritagar.id. Saya tampilkan ulang di sini, karena aksi Facebook ini penting untuk diingat. Tidak hanya dalam perkembangan media sosial, juga hubungannya dengan perkembangan media massa. Instant Articles siap diluncurkan Facebook dengan menggandeng sembilan perusahaan media. Kabar ini diumumkan Rabu (13/5/2015) dan sudah bisa dinikmati melalui pengguna aplikasi Facebook versi iOS. […]

Dampak Menonton TV Tidak Selalu Negatif

Kamis, 10. 8. 2015  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Di antara suara sumbang tentang dampak menonton TV terhadap anak, masih ada harapan untuk memanfaatkannya. Kuncinya adalah interaktifitas.

Ratu Adil, Superman, dan Media

Jumat, 02. 14. 2014  –  Category: Artikel, Pantau Media

Salah satu alasan kesuksesan Superman sebagai Ratu Adil adalah ceritanya mengangkat masalah nyata menyangkut kehidupan orang biasa.

Melek Media dan Kewarganegaraan

Rabu, 02. 12. 2014  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Hak menyampaikan pendapat seharusnya dijamin negara. Agar efektif, perlu melek media sehingga kewarganegaraan bisa dijalankan.

The Clicking Monkeys versi Rusdi Mathari

Rabu, 02. 12. 2014  –  Category: Artikel, Pantau Media

Catatan Melekmedia: Beredar hoaks di media Indonesia tentang PM Singapura Lee Hsien Loong memutuskan tidak berteman lagi dengan Presiden SBY di Facebook. Lee dikabarkan wartawan menghapus tag foto SBY di album foto di Facebook-nya. Berita itu dikutip dari NewNation.sg, dan pengutip tak sadar bahwa yang dikutipnya adalah situs parodi satire. Karena fenomena ini, seorang wartawan, Rusdi […]

Frekuensi Publik, Milik Publik Apanya?

Rabu, 01. 8. 2014  –  Category: Artikel, Pantau Media

Pro kontra soal tayangan di televisi adalah hal lumrah, apalagi tayangan itu dipancarkan lewat frekuensi publik. Penonton boleh suka atau tidak suka dengan sebuah acara. Pun saat goyang oplosan di program “Yuk Keep Smile” (YKS) Trans TV mendadak heboh.  Tak kurang Ketua Komisi I DPR (bidang penyiaran), Mahfudz Siddiq, mengatakan goyang oplosan itu tidak mendidik […]

Revolusi Digital dan Perilaku Konsumen

Senin, 11. 11. 2013  –  Category: Artikel, Media 2.0

Sejak keterbukaan informasi dimulai pada era 80an, melahirkan revolusi digital pada 90-an yang didorong populernya internet.

Sejarah internet dimulai 1969 oleh Departemen Pertahanan AS, melalui teknologi ARPANET. Tapi istilah “internet” baru ditemukan pada 1982.

Di balik Pemberitaan Wacana Tes Keperawanan

Jumat, 08. 23. 2013  –  Category: Artikel, Pantau Media

Artikel tentang tes keperawanan sekadar melacak sumber berita, untuk melihat keakuratan informasi yang tersebar seputar wacana tes keperawanan di Prabumulih yang sempat ramai di media massa dan media sosial.

Peran media sebagai medan pertempuran kampanye politik, mungkin sudah tak aneh di negara yang demokrasinya sudah maju. Di antara banyak contoh kasus, salah satu yang menarik perhatian dunia mungkin kasus Obama. Saat mencalonkan kembali menjadi presiden, Barack Obama “diserang” oleh aktor gaek dari atas panggung. Tontonan “baku serang” yang mereka suguhkan, bisa menjadi pelajaran menarik. Bagi […]

Black Campaign atau Agenda Setting?

Senin, 02. 18. 2013  –  Category: Artikel, Pantau Media

Menjelang pemilu, ketika para calon wakil rakyat atau para pemimpin akan beradu di pentas pemilihan, kampanye-kampanye hitam tak jarang mewarnai media-media massa. Ada yang melalui jalur media mainstream, dan belakangan yang mulai populer digunakan adalah media sosial. Tapi apakah benar semua kampanye hitam, memang bertujuan menghantam citra si korban? Bagaimana jika justru digunakan untuk menaikkan […]

Anak-anak Semakin Terkoneksi dengan Internet

Senin, 10. 29. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Hasil penelitian berikut ini menggambarkan kondisi di Inggris Raya (UK). Tetapi ada beberapa hal yang bisa dipelajari, terkait pengaruh internet terhadap anak.

Kontroversi Foto Novi Amelia

Senin, 10. 22. 2012  –  Category: Artikel, Pantau Media

Awalnya adalah sebuah kasus kecelakaan. Mobil Jazz berwarna merah dengan nomor polisi B 1864 POP menabrak 7 orang pejalan kaki, di Taman Sari, Jakarta Barat, pada Kamis (11/10/2012) sekitar pukul 17.30 WIB. Di antara korban, terdapat 2 orang polisi Polsek Taman Sari, Jakarta Barat. Tetapi kasus menjadi melebar ke persoalan foto si penabrak, Novi Amelia, sang model […]

Dampak Bullying, Amanda Todd Jadi Korban

Selasa, 10. 16. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Amanda telah menjadi korban dampak bullying, selama bertahun-tahun, hingga ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Beruntunglah ada teknologi digital, dan mereka cerdas memanfatkannya. Bila literasi digital marak, maka gerakan sosial niscaya kian semarak.

Manfaatkan Media, Hindari Dampak Buruknya

Rabu, 09. 19. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Menurut James Potter melek media adalah perspektif yang digunakan secara aktif ketika individu mengakses media dengan tujuan memaknai pesan di dalamnya.

Televisi, Hipnotis Terbesar di Dunia

Senin, 09. 17. 2012  –  Category: Artikel, Pantau Media

Televisi mirip kotak pandora. Banyak keajaiban yang bisa muncul tiba-tiba dari sana, membuat orang terpana, lalu terlena. Dampak televisi seperti hipnotis, mengendalikan pikiran penontonnya. Manusia di belakang produksi acara televisi tidak netral. Bukan cuma televisi, hampir semua media – bahkan media sosial – punya sudut pandang sendiri yang bisa saja subyektif. Sejak kehadirannya pun televisi […]

Mizuko Ito atau akrab dipanggil Mimi Ito, adalah seorang antropolog kebudayaan yang meneliti mengenai media baru. Ia pernah terlibat penelitian tentang bagaimana anak-anak (dan remaja) belajar dari electronic games, media sosial, dan produksi media digital. Kesimpulannya, literasi digital sangat penting untuk anak. Ia baru saja menyelesaikan Digital Youth Project, sebuah studi yang didukung oleh MacArthur Foundation tentang […]

The Digital Divide

Senin, 02. 6. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Infografik berikut berlaku untuk Amerika Serikat. Tetapi, gambaran yang lebih parah akan bisa kita temukan di negara-negara berkembang, seperti di Indonesia.

Protes Terbesar di Internet Sepanjang Sejarah

Senin, 01. 30. 2012  –  Category: Artikel, Media 2.0

Ribuan bahkan mungkin jutaan situs di internet ikut ‘memboikot’ dalam rangka menentang RUU Anti-pembajakan AS, Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect-IP Act (PIPA) atau populer disebut SOPA-PIPA. Sedemikian besarnya aksi, kira-kira seberapa besar gaungnya? Situs sopastrike.com telah merilis sebuah infografik, mengkalim bahwa gerakan ini merupakan protes di internet terbesar sepanjang sejarah. Dalam sebuah infografik yang sangat panjang, dijelaskan dalam angka […]

Hari Privasi Data, atau Data Privacy Day

Sabtu, 01. 28. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Tanggal 28 Januari diperingati sebagai Hari Privasi Data, atau Data Privacy Day. Awalnya beberapa negara di Eropa yang memperingatinya, tetapi kemudian menjadi perayaan banyak negara di dunia. Tujuannya, agar masyarakat aware bahwa persoalan privasi data adalah persoalan serius. Di era digital, dimana semua data mulai dipindahkan ke dalam jeajaring di internet, maka peluang diaksesnya data-data […]

Potret Media Baru 2011

Senin, 01. 2. 2012  –  Category: Artikel, Media 2.0

Bahwa berita tentang Rebecca Black lebih menarik perhatian publik daripada berita politik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak, inilah faktanya. Karena publik sekarang bukan saja sebagai konsumen, tetapi juga produsen informasi, maka infografik berikut ini mungkin bisa menjelaskan, seperti apakah selera publik dalam hal informasi. Twitter dan Facebook, dua media sosial yang terpopuler saat inipun […]

Mewaspadai Propaganda dalam Media

Selasa, 12. 20. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Propaganda adalah penjelasan atau penerangan yang benar atau salah, untuk meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.

Iklan TV Masih Doyan Langgar Etika

Kamis, 11. 24. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Berikut ini adalah hasil pengamatan teman-teman mahasiswa yang sedang mempelajari Hukum dan Etika Desain, salah satunya dalam bentuk iklan. Beberapa iklan di televisi ini diduga melanggar kode etik yang tertulis di dokumen EPI.

Karena dunia dijital sudah digadang menjadi roh pendidikan di era abad-21, maka tujuan pendidikan di ranah dijital pun bisa ditaksonomikan. Taksonomi yang dikembangkan paling populer di ranah kognitif, sehingga kita bisa temukan banyak pengelompokan media dijital dalam ranah ini. Salah satunya adalah tabel yang dikembangkan edorigami.wikispaces.com dalam artikel ini.

Anonymous is You! Kitalah Anonim itu

Jumat, 10. 28. 2011  –  Category: Artikel, Media 2.0

Bagi anonymous, bukan “siapa” yang penting, tetapi apa gagasannya. Mereka percaya, “Anonymous adalah kita semua”. Namun, anonim dituding tak bertanggung jawab.

Korupsi Nazaruddin vs Reshuffle Kabinet

Selasa, 10. 18. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Sebut saja dua isu yang beberapa bulan terakhir ini jadi topik besar di berbagai media: Nazaruddin dan korupsinya, dan Presiden SBY beserta reshuffle kabinetnya. Kasus korupsi Nazaruddin sempat ‘membahana’ sampai bikin panas kuping banyak pihak. Termasuk KPK, yang belakangan para pemimpinnya dituding Nazaruddin terlibat dalam kasusnya, lalu komite etik menyatakan mereka bersih dari potensi tindak […]


Topik

Komentar

Gabung Melekmedia!