Bila Guru Ingin Memanfaatkan Gim

Sabtu, 05. 7. 2022  –  Category: Tata Laksana, Untuk Guru

Gim mulai diterima selain sebagai hiburan belaka. Ada e-Sport, olah raga yang menggunakan gim daring. Gim juga lazim dalam pendidikan.

Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Digital

Minggu, 03. 27. 2022  –  Category: Tata Laksana, Untuk Guru

Anda tidak dapat memahami suatu konsep jika tidak bisa mengingatnya. Demikian pula Anda tidak dapat menerapkan pengetahuan dan konsep jika tidak memahaminya.

Kompetensi Guru Melek Media dan Informasi

Selasa, 11. 30. 2021  –  Category: Tata Laksana, Untuk Guru

UNESCO menggabungkan literasi atau melek media, literasi informasi, dan literasi digital – di bawah satu payung istilah: literasi media dan informasi (MIL).

Peta Konsep yang Bukan Mind Map

Senin, 11. 7. 2011  –  Category: Tata Laksana, Untuk Guru

Di beberapa buku mata pelajaran untuk siswa, bisa ditemukan istilah peta konsep. Tetapi seringkali peta tersebut lebih menyerupai Mind Map.

Perkembangan teknologi media sangat pesat, peran lembaga pendidikan tidak bisa tidak harus dikedepankan. Melek media dan informasi, mutlak diperlukan di sekolah.

Dalam situs ini Anda dapat memilih naskah dan membuat storyboard. Anda juga bisa mengembangkan storyboard sendiri memanfaatkan foto-foto latar belakang berupa lokasi bangunan yang cocok.

Belajar dari Media bersama Michael Moore

Selasa, 04. 6. 2010  –  Category: Tata Laksana, Untuk Guru

Ingat Film Bowling for Columbine (2002)? Selain tontonan, film ini bisa jadi media pembelajaran soal kekerasan. Kreatornya bahkan mempersiapkan panduan penggunaan film ini untuk para guru di sekolah.

Memanfaatkan Twitter untuk Pendidikan

Selasa, 03. 2. 2010  –  Category: Tata Laksana, Untuk Guru

Twitter, merupakan jejaring sosial yang relatif baru, tapi mendapat perhatian yang meluas. Melalui twitter, berbagai peristiwa besar terjadi. Di Indonesia, penggunaan twitter semakin populer setelah adanya laporan via twitter tentang peristiwa ledakan bom di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton. Dari mashable.com, ada tulisan menarik seputar penggunaan twitter untuk ranah pendidikan berjudul How Twitter in […]

Portal Menuju Pembelajaran dengan Media

Selasa, 02. 2. 2010  –  Category: Tata Laksana, Untuk Guru

Lebih dari sekadar teknologi, media bisa mendorong partisipasi dan kolaborasi dalam pembelajaran. Pembelajar dilibatkan dalam kegiatan belajar yang bermakna. Untuk mencapainya, butuh literasi digital.