Minat Pada Media Berbayar Rendah

Senin, 06. 20. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Riset terbaru Reuters Digital News Report menemukan penurunan tipis pada responden yang bersedia berlangganan media digital di Indonesia.

Mengukur Kualitas Liputan Bunuh Diri

Minggu, 05. 8. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Sebuah riset melahirkan alat bernama TEMPOS, patut dicoba di Indonesia, mengingat pemberitaan kasus bunuh diri belakangan ini.

Kebebasan Pers Memprihatinkan

Kamis, 05. 5. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Skor Indeks Kebebasan Pers di Indonesia lebih buruk dari Timor Leste. Reporters Without Borders (RSF) menyoroti beberapa catatan yang mesti dibenahi.

Hoaks Seputar Covid-19 Berlipat Ganda

Sabtu, 04. 16. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Dalam kurun waktu setahun terakhir hoaks seputar Covid-19 belum ada tanda-tanda mereda. Dibandingkan setahun silam jumlahnya dua kali lipat.

Saat (Seluruh) Warga Dicap Kriminal

Kamis, 04. 14. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Pangkalan data kejahatan tidak seharusnya memuat semua warga, kecuali semua warga negara di Indonesia dianggap kriminal.

Gaduh PeduliLindungi dan Magis TikTok

Sabtu, 04. 9. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Aplikasi medis berjaya sementara gim seluler loyo pada kuartal pertama 2022. Kedigdayaan TikTok berlanjut sebagai aplikasi terbanyak diunduh.

Sang “Pakar dari Segala Pakar”

Kamis, 03. 31. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Media sosial melahirkan “Pakar dari Segala Pakar”. Tengok saja fenomena meme “Begini Tanggapan Lesti Kejora”.

Singkirkan Kekerasan dari Layar Kaca

Selasa, 03. 29. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Apapun alasannya kekerasan tidak bisa dibenarkan. Apalagi bila dipamerkan di layar kaca yang ditonton jutaan pemirsa di seluruh dunia.

CEK FAKTA: Ma’ruf Amin Dukung 3 Periode?

Rabu, 03. 23. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Tangkapan layar berita Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang dikesankan mendukung masa jabatan presiden 3 periode adalah hoaks belaka. Pelakunya bukan sekali-dua mengacaukan informasi.

Mendulang Wacana Lewat Big Data

Sabtu, 03. 12. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Klaim “Big Data” digunakan untuk mendulang wacana dukungan publik atas penundaan Pemilu 2024. Konon berasal dari ratusan juta akun di media sosial.

CEK FAKTA: Putin Ingatkan Menteri Yaqut?

Jumat, 03. 4. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Beredar video tentang peringatan Presiden Rusia, Vladimir Putin, terhadap Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Sekilas seperti satire biasa, tapi dengan unsur manipulasi konten yang menyesatkan.

Semburan Dusta Peluntur Fakta ala Rusia

Minggu, 02. 27. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Semburan dusta Rusia berupaya melunturkan fakta. Propaganda ala Rusia dikenal pada 2014 saat negeri itu mencaplok Semenanjung Krimea, Ukraina. Dalam kondisi perang, kebenaran ikut jadi korban.

Media Daring Sumber Informasi Ketiga

Jumat, 01. 21. 2022  –  Category: Artikel, Pantau Media

Pencari informasi di media daring meningkat, walau bukan sumber informasi utama. Kepercayaan terhadap media daring juga meningkat, meski “hanya” menempati posisi keempat.

Netizen Indonesia Lebih Percaya Media

Jumat, 12. 31. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Saat ketidakpastian berlimpah, kepercayaan dibutuhkan lebih dari apapun. Tergerusnya kepercayaan pada media tradisional, membuat aktor-aktor jahat leluasa menebar informasi.

Menjual Hantu Halloween hingga ke Indonesia

Sabtu, 10. 30. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Halloween bukan sekadar soal kepercayaan belaka. Populer ke seluruh dunia lewat film, ada motif ekonomi yang terbilang besar.

Rayuan dalam 3 Film Drama Romantis Indonesia

Jumat, 10. 22. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Dilan cocok bergelar si Raja Gombal, lebih jempolan dibandingkan Galih dalam Gita Cinta dari SMA (1979), apalagi Rangga dalam film Ada Apa dengan Cinta (2002).

Siaran TV Digital, Penonton Harus Pintar

Minggu, 10. 17. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Pengawasan saja tak sanggup menjawab maraknya program siaran di TV digital. Seluruh para pihak penyiaran termasuk KPI bertanggung jawab menyiapkan masyarakat.

Daur Ulang “G30S/PKI” Sejak 2009

Kamis, 09. 30. 2021  –  Category: Artikel, Pantau Media

Tahun demi tahun, seperti ada upaya mempertahankan siklus “suplai dan permintaan” seputar isu PKI. Selain debat soal pemutaran film G30S/PKI di televisi, “kebangkitan PKI’ juga masih jadi topik favorit.

Segelintir Film Anak di Panggung Nasional

Selasa, 03. 31. 2020  –  Category: Artikel, Pantau Media

Film anak-anak adalah genre yang paling jarang muncul di tengah keramaian horor, komedi, dan drama percintaan di Indonesia.

Penolakan Valentine Tak Sekadar Soal Moral

Kamis, 02. 13. 2020  –  Category: Artikel, Pantau Media

Penolakan terhadap perayaan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang tak hanya berdasarkan alasan moral. Ada alasan lain sesuai cara pandang masing-masing.

Adu Kejut Tiga Film Horor Nasional

Minggu, 02. 9. 2020  –  Category: Artikel, Pantau Media

Meski durasinya cenderung singkat dibandingkan total durasi film horor, adegan jumpscare sukses bikin merinding. Tidak hanya lewat gambar, bunyi-bunyian pun dipakai meneror.

Hallyu di Indonesia: Awalnya Dae Jang Geum

Jumat, 11. 1. 2019  –  Category: Artikel, Pantau Media

Hallyu di Indonesia bukan sekadar K-Pop, ada fesyen, drama, film, buku, dan lainnya. Gelombang budaya ketiga di Asia yang bangkit sejak 1990-an, dimulai dari drama serial.

Film Horor Indonesia Kepanasan

Selasa, 06. 11. 2019  –  Category: Artikel, Pantau Media

Popularitas film horor Indonesia tak lepas dari adegan panas. Pernah dikeluhkan Ibu Negara karena terlalu pamer paha dan dada.

Film Horor Nasional Milik Hantu Perempuan

Senin, 06. 10. 2019  –  Category: Artikel, Pantau Media

Jika menonton film horor Indonesia, 8 dari 10 karakter adalah sosok arwah perempuan. Peluang melihat hantu pria dalam 50 film adalah 8 dari 55 karakter.

Lika-liku Lahirnya Hari Film Nasional

Jumat, 03. 30. 2018  –  Category: Artikel, Pantau Media

Butuh waktu panjang sebelum 30 Maret diterima dan diperingati sebagai Hari Film Nasional (HFN). Alternatif adalah 19 Mei, dan 19 September.

Menyoal Model Bisnis Media Daring

Jumat, 12. 16. 2016  –  Category: Artikel, Pantau Media

Rata-rata klik atas sebuah iklan display mencapai 0,1 persen, atau hanya 1 dari 1.000. Sedangkan untuk iklan display berukuran 468×60 piksel, hanya mencapai 0,04 persen.

Linimasa Media Daring Indonesia

Rabu, 11. 9. 2016  –  Category: Artikel, Pantau Media

Republika mungkin yang pertama online. Namun bila melihat cara kerjanya, Detikcom layak disebut pionir media daring Indonesia.

Quo Vadis Media Daring Indonesia

Sabtu, 11. 5. 2016  –  Category: Artikel, Pantau Media

Perkembangan teknologi telah mengubah wajah jurnalisme, khususnya pada media daring. Melahirkan perpaduan harmonis antara tradisi dengan inovasi

Ratu Adil, Superman, dan Media

Jumat, 02. 14. 2014  –  Category: Artikel, Pantau Media

Salah satu alasan kesuksesan Superman sebagai Ratu Adil adalah ceritanya mengangkat masalah nyata menyangkut kehidupan orang biasa.

The Clicking Monkeys versi Rusdi Mathari

Rabu, 02. 12. 2014  –  Category: Artikel, Pantau Media

Catatan Melekmedia: Beredar hoaks di media Indonesia tentang PM Singapura Lee Hsien Loong memutuskan tidak berteman lagi dengan Presiden SBY di Facebook. Lee dikabarkan wartawan menghapus tag foto SBY di album foto di Facebook-nya. Salah satunya dimuat di sini. Kabar itu dikutip dari NewNation.sg, sebuah situs yang dijelaskan sebagai “[…] the most dysfunctional, satire site […]

Frekuensi Publik, Milik Publik Apanya?

Rabu, 01. 8. 2014  –  Category: Artikel, Pantau Media

Pro kontra soal tayangan di televisi adalah hal lumrah, apalagi tayangan itu dipancarkan lewat frekuensi publik. Penonton boleh suka atau tidak suka dengan sebuah acara. Pun saat goyang oplosan di program “Yuk Keep Smile” (YKS) Trans TV mendadak heboh.  Tak kurang Ketua Komisi I DPR (bidang penyiaran), Mahfudz Siddiq, mengatakan goyang oplosan itu tidak mendidik […]

Di balik Pemberitaan Wacana Tes Keperawanan

Jumat, 08. 23. 2013  –  Category: Artikel, Pantau Media

Wacana tes keperawanan menghebohkan publik, kemudian berakhir “kisruh”. Polemik tambah pelik karena berita ini digadang telah dipelintir media.

Isu Dede Yusuf  kelayapan di karaoke plus-plus ini adalah hoaks. Isu ini diduga justru untuk mendongkrak popularitasnya. Atau, hoaks yang dipakai untuk memeras korban.

Kontroversi Foto Novi Amelia

Senin, 10. 22. 2012  –  Category: Artikel, Pantau Media

Awalnya adalah sebuah kasus kecelakaan. Mobil Jazz berwarna merah dengan nomor polisi B 1864 POP menabrak 7 orang pejalan kaki, di Taman Sari, Jakarta Barat, pada Kamis (11/10/2012) sekitar pukul 17.30 WIB. Di antara korban, terdapat 2 orang polisi Polsek Taman Sari, Jakarta Barat. Tetapi kasus menjadi melebar ke persoalan foto si penabrak, Novi Amelia, sang model […]

Televisi, Hipnotis Terbesar di Dunia

Senin, 09. 17. 2012  –  Category: Artikel, Pantau Media

Televisi mirip kotak pandora. Banyak keajaiban yang bisa muncul tiba-tiba dari sana, membuat orang terpana, lalu terlena. Dampak televisi seperti hipnotis, mengendalikan pikiran penontonnya. Manusia di belakang produksi acara televisi tidak netral. Bukan cuma televisi, hampir semua media – bahkan media sosial – punya sudut pandang sendiri yang bisa saja subyektif. Sejak kehadirannya pun televisi […]

Iklan TV Masih Doyan Langgar Etika

Kamis, 11. 24. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Berikut ini adalah hasil pengamatan teman-teman mahasiswa yang sedang mempelajari Hukum dan Etika Desain, salah satunya dalam bentuk iklan. Beberapa iklan di televisi ini diduga melanggar kode etik yang tertulis di dokumen EPI.

Korupsi Nazaruddin vs Reshuffle Kabinet

Selasa, 10. 18. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Sebut saja dua isu yang beberapa bulan terakhir ini jadi topik besar di berbagai media: Nazaruddin dan korupsinya, dan Presiden SBY beserta reshuffle kabinetnya. Kasus korupsi Nazaruddin sempat ‘membahana’ sampai bikin panas kuping banyak pihak. Termasuk KPK, yang belakangan para pemimpinnya dituding Nazaruddin terlibat dalam kasusnya, lalu komite etik menyatakan mereka bersih dari potensi tindak […]

Revolusi Seperti Apa yang Masuk Radar Media?

Minggu, 09. 25. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Single “The Revolution Will Not Be Televised”, adalah salah satu yang memotret “netralitas” media secara kritis. Ia menyinggung diskriminasi terhadap liputan kekerasan di televisi.

Tak Ada Tempat untuk Iklan yang Melecehkan

Selasa, 09. 20. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Kreatifitas insan periklanan, memang terkadang keterlaluan. Di Indonesia, beberapa iklan sudah dilaporkan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), karena melecehkan kelompok tertentu. Dalam laporan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) per 2009-2011 terdapat 14 Pasal Pelanggaran Terbanyak yang terjadi pada iklan di Indonesia. Pasal yang terkait dengan pelecehan, seputar eksploitasi erotisme atau seksualitas dan tentang penampilan anak-anak […]

Dunia ini dikuasai para kapitalis melalui tangan-tangan perkasa negara adikuasa. Banyak jalan menembus dunia, antara lain lewat Shock Therapy.

Menepis Rasa Bersalah dengan Iklan

Selasa, 08. 30. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Suatu saat di waktu kecil, kita mungkin pernah mencuri. Kita tahu bahwa mencuri itu salah, tapi kita pasti punya sejuta alasan kenapa tetap melakukannya. Bahkan meski kita tahu risiko apa yang bakal dihadapi, kita cenderung tidak peduli. Bagi kita saat itu bukan ‘kenapa mencuri’ yang dipentingkan, tetapi hasil yang didapat dari kegiatan mencuri itu yang […]

Kekerasan yang Dibudayakan

Sabtu, 08. 27. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Cara pandang media terhadap suatu peristiwa akan berdampak pada pemirsanya. Jangan terhanyut oleh cara media menyampaikan berita, terutama dalam isu kekerasan.

Film Dokumenter tentang WikiLeaks

Selasa, 08. 23. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Situs penampung dokumen rahasia negara dan perusahaan dari ‘orang dalam’ ini menyebarkannya kepada publik sebagai upaya perlawanan.

Jalan Panjang Hari Tanpa TV

Sabtu, 07. 9. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Gerakan Hari Tanpa TV sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu di Indonesia. Kehadiran televisi sejak dulu telah mengundang pro-kontra.

Seri PSA: Anoreksia, Citra Diri, dan Media

Rabu, 06. 8. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Citra diri dengan tubuh langsing bukanlah segala-galanya. 1 dari 200 perempuan menderita anoreksia gara-gara terobsesi bertubuh langsing.

Keplesetnya Media Massa

Rabu, 05. 4. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Beberapa waktu yang lalu, ketika berita Osama bin Laden tewas karena serangan AS sedang mendunia, muncul berita aneh bin lucu seputar isunya. Misalnya soal foto-foto Osama, yang ternyata belakangan disangkal sebagai foto asli, karena pihak tentara Amerika pun belum pernah mempublikasikan foto tersebut. Yang tak kalah menarik adalah kesalahan media massa dalam mencantumkan nama Osama, […]

Deteksi Foto Bugil Dengan Javascript

Rabu, 03. 16. 2011  –  Category: Artikel, Pantau Media

Halo surver! Beberapa bulan ke belakang saya mendapatkan informasi tentang pemanfaatan Javascript untuk mendeteksi sebuah foto yang bernuansa porno, bugil atau bahasa kerennya “Nude”. Setelah saya cek & ricek ternyata script ini dikembangkan oleh seorang mahasiswa IT (programming) di TGM School of Technology,  Austria. Script yang dirilis oleh Patrick Wied ini bernama Nude.js. Memang untuk pengembangannya script ini […]

Wow, Lebih dari Setengah Hari untuk Media!

Sabtu, 09. 25. 2010  –  Category: Artikel, Pantau Media

Menakjubkan. Berdasarkan presentasi Bruce Friend, presiden lembaga penelitian Ipsos OTX MediaCT, sebuah lembaga penelitian di bidang marketing, konsumen sekarang ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengkonsumsi media, angkanya bisa melebihi setengah hari jam aktifnya, dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini berdasarkan penelitian yang mereka lakukan terhadap konsumen online. 7,000 online consumers ages 13 to 74, Friend said that […]

Konsep Kecantikan Bukan Milik Satu Ras

Kamis, 02. 25. 2010  –  Category: Artikel, Pantau Media

Para orang tua sebaiknya lebih sering duduk bersama anak-anak perempuan mereka, dan menjelaskan mengenai konsep kecantikan.