Nekat Berbincang dengan ChatGPT

Rabu, 02. 15. 2023  –  Category: Artikel, Media Baru

Memperlakukannya seolah maujud, kami bertanya pada ChatGPT. Tidak tampak tanda-tanda narsistik pada jawabannya. Ia tampil “wajar” bahkan terkesan rendah hati.

KTP Elektronik Tanpa Wujud Fisik

Sabtu, 02. 11. 2023  –  Category: Artikel, Media Baru

KTP Digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) bakal menggantikan KTP fisik. Anda bisa tinggalkan kartu-kartu identitas itu, tapi jangan lupa membawa ponsel kemana-mana.

Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Minggu, 02. 5. 2023  –  Category: Artikel, Media Baru

Teknologi dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi digital. Berikut adalah beberapa cara untuk tujuan tersebut.

Metaverse Masih Jauh Panggang dari Api

Kamis, 11. 3. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Metaverse mungkin berkembang pada masa depan, tapi saat ini semesta meta belum jadi keniscayaan—masih jauh panggang dari api.

Wacana Blockchain dalam Pemilu

Senin, 06. 6. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Manfaat blockchain dalam pemilu memang tak bisa disangkal. Namun, implementasi dan pengenalannya ke publik butuh waktu tak sebentar.

Oversharing Bukan Bebas Berekspresi

Selasa, 05. 10. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Oversharing kadang terasa menyenangkan, tetapi bisa mengundang konsekuensi. Apa batas kebebasan agar tak kebablasan?

Mencemaskan Kemenangan Marcos Jr.

Selasa, 05. 10. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Maria Ressa, memperingatkan bahwa kemenangan Ferdinand Marcos Jr. di Filipina berpotensi menyulut gelombang misinformasi.

Konten Anti-Muslim Dibiarkan di Medsos

Jumat, 04. 29. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Pengelola media sosial dinilai gagal menindak sebagian besar postingan kebencian anti-muslim dan islamofobia yang dilaporkan kepada mereka.

Nasib Twitter di Tangan Elon Musk

Selasa, 04. 26. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Elon Musk (50), manusia terkaya sejagat, berniat membeli Twitter. Ia rela membayar senilai 1/6 kekayaannya demi “potensi” terpendam di platform itu.

Instagram Gagal Menindak Misoginis

Kamis, 04. 7. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Instagram dinilai gagal menindak 9 dari 10 aksi misoginis yang dikirim melalui pesan langsung (DM). Temuan ini diekspos pada 6 April 2022 lewat hasil penelitian CCDH.

Menggagas Ulang Etika Bermedia Sosial

Selasa, 04. 5. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Etika media sosial yang dibuat terkesan menjauh dari maksud menjadikannya panduan bermedia sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Bisnis Amis di Panggung OnlyFans

Jumat, 03. 25. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Sorotan demi sorotan tak menyurutkan OnlyFans. Media sosial ini populer berkat pekerja seks yang pindah lapak tersebab pandemi.

Jangan Takabur, Ingat Dampak Metaverse

Selasa, 03. 22. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Selain pelecehan dan penyerangan seksual, perilaku kasar disorot dalam laporan tentang dampak metaverse termasuk rasisme, intimidasi, serta ancaman kekerasan.

NFT di Instagram, Mau Apa?

Senin, 03. 21. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Akan ada NFT di Instagram? Sejumlah pertanyaan muncul menyusul rencana Mark Zuckerberg memperkenalkan Non Fungible Token (NFT) ke Instagram dalam waktu dekat.

Pasukan Siber Ancaman bagi Demokrasi

Kamis, 03. 17. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Kampanye strategis dan terorkestrasi oleh pasukan siber yang disponsori elite melancarkan propaganda politik di media sosial. Menyetir opini demi keuntungan mereka.

Jangan Abai Indikasi Bunuh Diri di Medsos

Senin, 03. 7. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Kasus bunuh diri dan disiarkan lewat media sosial ditengarai kian marak di berbagai negara. Penyebabnya masih misterius, upaya pencegahan harus tetap jalan.

“Flexing” Boleh Saja, Asal Ada Perlunya

Kamis, 02. 24. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Istilah flexing berarti menyombongkan diri secara lahiriah, semisal lewat pakaian, tubuh, gaya hidup, mobil, rumah, apa pun yang bisa memuaskan ego seseorang.

TikTok dan YouTube Si Paling Cepu

Selasa, 02. 22. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Aplikasi paling doyan “melapor” ini bak cepu (informan)– diam-diam mengirim data ke server situs lain, sementara pengguna sering kali tidak menyadarinya.

NFT dan Desas-desus Tentangnya

Senin, 01. 17. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Semua pihak mungkin setuju bahwa NFT pemuja Hitler tidak boleh dijual di pasar terbuka, tetapi bukankah itu risiko memberi keleluasaan semacam desentralisasi via blockchain?

KENTUT: Tentang Demam NFT di Indonesia

Sabtu, 01. 15. 2022  –  Category: Artikel, Media Baru

Jika suara dalam pemilu diibaratkan sebuah token dalam DAO, publik mungkin tak perlu lagi komisi pemilihan dan parlemen. Jika kelak bisa terwujud, mungkin tak ada lagi ritual jualan kentut lima tahun sekali.

Di Balik Debat Desentralisasi Web 3.0

Minggu, 12. 26. 2021  –  Category: Artikel, Media Baru

Web 3.0 disebut-sebut sebagai anti-tesis pendahulunya. Katanya ia pro-privasi, dan anti-monopoli. Meski begitu, belum ada definisi yang baku tentangnya.

Awas, Ada Industri Surveilans Partikelir

Jumat, 12. 17. 2021  –  Category: Artikel, Media Baru

Setidaknya 50 ribu orang di 100 negara jadi target surveilans, termasuk di Indonesia. Demikian diungkap Meta Platforms Inc. dalam sebuah laporan.

Perlukah Normalisasi e-Sports di Sekolah

Jumat, 11. 26. 2021  –  Category: Artikel, Media Baru

Gagasan membuat kurikulum untuk mempelajari e-Sports di sekolah formal harus diteliti dan dikaji mendalam. Bagaimana dengan melek media dan informasi sebagai life skills?

Metaverse di Antara Semesta Nyata dan Maya

Jumat, 11. 12. 2021  –  Category: Artikel, Media Baru

Publik mengenal metaverse seperti Ready Player One, atau mirip The Matrix. Belum ada definisi yang memuaskan semua (banyak) orang.

Facebook: Di Antara Keuntungan dan Kemaslahatan

Selasa, 10. 5. 2021  –  Category: Artikel, Media Baru

Frances Haugen percaya pada transparansi dan pengelolaan yang baik. “Ini semua bukan tentang ‘melumat’ Facebook,” katanya. Ia percaya Facebook masih bisa diperbaiki.

Skandal Cambridge Analytica Libatkan Facebook

Rabu, 05. 23. 2018  –  Category: Artikel, Media Baru

Skandal Cambridge Analytica berawal dari bocornya aksi “pencurian” data 50 juta pengguna Facebook. Facebook dituding tahu soal ini namun memilih bungkam.

Facebook Manjakan Pengguna, Abai Dampaknya

Minggu, 10. 11. 2015  –  Category: Artikel, Media Baru

Zeynep Tufekci, seorang asisten dosen di Universitas Californa Utara, AS, menyatakan studi Facebook justru menegaskan bahwa algoritme News Feed telah menghalangi keberagaman konten.

Revolusi Digital dan Perilaku Konsumen

Senin, 11. 11. 2013  –  Category: Artikel, Media Baru

Sejak keterbukaan informasi dimulai pada era 80an, melahirkan revolusi digital pada 90-an yang didorong populernya internet.

Beruntunglah ada teknologi digital, dan mereka cerdas memanfatkannya. Bila literasi digital marak, maka gerakan sosial niscaya kian semarak.

Protes Terbesar di Internet Sepanjang Sejarah

Senin, 01. 30. 2012  –  Category: Artikel, Media Baru

Ribuan bahkan mungkin jutaan situs di internet ikut ‘memboikot’ dalam rangka menentang RUU Anti-pembajakan AS, Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect-IP Act (PIPA) atau populer disebut SOPA-PIPA. Sedemikian besarnya aksi, kira-kira seberapa besar gaungnya? Situs sopastrike.com telah merilis sebuah infografik, mengkalim bahwa gerakan ini merupakan protes di internet terbesar sepanjang sejarah. Dalam sebuah infografik yang sangat panjang, dijelaskan dalam angka […]

Potret Media Baru 2011

Senin, 01. 2. 2012  –  Category: Artikel, Media Baru

Bahwa berita tentang Rebecca Black lebih menarik perhatian publik daripada berita politik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak, inilah faktanya. Karena publik sekarang bukan saja sebagai konsumen, tetapi juga produsen informasi, maka infografik berikut ini mungkin bisa menjelaskan, seperti apakah selera publik dalam hal informasi. Twitter dan Facebook, dua media sosial yang terpopuler saat inipun […]

Anonymous is You! Kitalah Anonim itu

Jumat, 10. 28. 2011  –  Category: Artikel, Media Baru

Bagi anonymous, bukan “siapa” yang penting, tetapi apa gagasannya. Mereka percaya, “Anonymous adalah kita semua”. Namun, anonim dituding tak bertanggung jawab.

Manfaatkan Media untuk Kontrol Sosial

Senin, 10. 17. 2011  –  Category: Artikel, Media Baru

Kontrol sosial terhadap perilaku warga, seharusnya ditegakkan (aparat), bukan dikompromikan. Inilah yang melahirkan gagasan kontrol atas pemangku kontrol sosial.

Fenomena Online Shop di Indonesia

Rabu, 09. 7. 2011  –  Category: Artikel, Media Baru

Ada yang masih belum tahu apa itu online shop? Pada dasarnya online shop adalah sistem perdagangan barang maupun jasa yang dijajakan melalui media Internet menggunakan website sebagai alat atau tools untuk menangani kegiatan jual beli secara online. Intinya online shop sama saja dengan toko namun berbentuk online atau harus diakses melalui Internet. Di luar negeri (khususnya […]

20 Tahun Perjalanan World Wide Web

Minggu, 08. 7. 2011  –  Category: Artikel, Media Baru

Banyak orang mengenal internet sebagai media sosial saja. Seolah internet adalah Facebook, atau Twitter, atau saling bertukar pesan di IM.

Anak Perempuan Lebih Rentan Cyberbullying

Senin, 07. 18. 2011  –  Category: Artikel, Media Baru

Meskipun memiliki banyak manfaat, remaja khususnya anak perempuan rentan jadi sasaran cyberbullying lewat jejaring atau media sosial.

Perubahan besar terjadi di dunia pendidikan. Sekolah, sudah menjadi ruang terbuka dimana siapa saja bisa belajar, kapan saja, dari siapa saja. Infografis berikut ini meringkasnya dengan cara yang lebih menarik daripada kita berpanjang-panjang dengan artikel.

Mengapa Media Sosial Ditakuti?

Kamis, 07. 14. 2011  –  Category: Artikel, Media Baru

“Vox populi, vox dei” diterjemahkan secara literal menjadi “Suara Rakyat, adalah Suara Tuhan”. Tapi bagaimana memaknai pepatah itu sebenarnya?

Google Panda yang Diklaim Lebih Pintar

Senin, 06. 20. 2011  –  Category: Artikel, Media Baru

Google Panda menggunakan machine learning untuk membuat prediksi akurat berdasarkan cara manusia menilai kualitas konten.

Sisi Gelap Jejaring Sosial

Senin, 12. 20. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Paradoks ala Surowiecki menjelaskan bahwa jejaring sosial hanya optimal bila anggotanya bisa berpikir mandiri. Di sisi lain, berpikir mandiri sangat sulit ketika berada di tengah-tengah jejaring aktif.

Media Sosial dan Demokrasi Deliberatif

Jumat, 09. 17. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Demokrasi Deliberatif yang diteorikan Habermas, mungkin mendapat celah. Memang tak bisa ujug-ujug dibuka, karena berisiko.

Marshall McLuhan: Revolusi oleh Media

Sabtu, 07. 10. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Medium adalah pesan, sejatinya pradoks ala McLuhan. Ia mengingatkan untuk melihat pesan di balik media melampaui yang “kasat mata”.

Urgent EVOKE: Game Online untuk Mengubah Dunia

Jumat, 05. 14. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Gim bisa dijadikan sarana untuk belajar memperbaiki dunia nyata yang sudah “rusak” ini. 3 miliar jam seminggu belum cukup untuk memecahkan permasalahan genting di dunia nyata.

Gerakan Moral Baru, di Media Baru

Senin, 03. 22. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Ini adalah tulisan lama, di blog pribadi saya. Tetapi karena kaitannya erat dengan melek media, maka saya pindahkan artikel ini ke sini. Aslinya, saya posting di prajnamu.talk4fun.net. Selamat menikmati. Generasi baru, teknologi baru, media baru, nasionalisme baru. Unik dan menarik, itulah tanggapan saya mengikuti perkembangan dibalik isu terorisme yang belakangan mendominasi media massa kita. Dulu […]

Media Sosial itu Apaan Sih?

Jumat, 03. 19. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Media sosial membuat semua orang punya saluran sendiri, bisa membuat medianya sendiri, untuk kepentingannya sendiri, dan disebarluaskan ke publik.

[kompas] Budaya Tampil Merebak

Jumat, 03. 19. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Jakarta, Kompas – Kalangan remaja dan anak-anak saat ini terjangkit budaya tampil seperti yang dipertontonkan di berbagai media mainstream, khususnya televisi. Remaja lalu menemukan saluran hasrat tampil itu melalui internet, tetapi dampak buruknya kerap tak disadari. Hal itu diungkapkan Kahardityo, peneliti dari Pusat Kajian Sosiologi Universitas Indonesia. ”Dulu, segelintir saja orang yang bisa tampil di […]

Tidak bijaksana bila menutupi ketidakmampuan memberdayakan pengguna, dengan membatasi terpaannya. Sensor bukan solusi, tapi penggerus kebebasan.

Media sosial, yang kini sedang merebak luas di berbagai kalangan, memunculkan berbagai polemik di dalamnya. Seperti yang dibahas di artikel Menangkal Ancaman Dunia Maya terhadap Anak yang lalu, dunia maya melalui media sosialnya menjadi semacam pisau bermata dua, yang bisa mengayun ke dua arah yang berlawanan. Karena sifatnya yang ‘liberal’, pengguna dengan bebas bisa menggunakannya. […]

Web 2.0 Layak Disebut Industri Partisipasi

Jumat, 02. 5. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Model bisnis “industri partisipasi” membatasi partisipasi pengguna melalui model yang telah dirancang. Pengguna sejatinya mengikuti “naskah” yang ditetapkan.

Dunia Maya, Hutan Belantara

Kamis, 01. 14. 2010  –  Category: Artikel, Media Baru

Setelah kasus Prita, beberapa kasus pencemaran nama baik merebak. Kasus-kasus dari dunia maya menunjukkan penguna bak tersesat di hutan belantara.