Meneropong Literasi Digital dari Hasil PISA

Senin, 05. 23. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Seberapa baik kemampuan warganet Indonesia mencermati sumber informasi yang kredibel? Hasil analisis PISA ini mungkin bisa menjawab.

Peringatan Hari Password Tanpa Password

Jumat, 05. 6. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Memperingati Hari Password Sedunia, sebuah konsorsium mengumumkan inisiatif penghapusan kata sandi di seluruh platform.

Mana Lebih Baik: Buku Cetak vs Buku-e

Minggu, 04. 24. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Membaca buku cetak mulai tersaingi kehadiran buku-buku elektronik (buku-e). Apakah buku-buku digital itu bisa menggantikan buku cetak, khususnya pada anak-anak?

Celah Keamanan Baru Hantui Android

Sabtu, 04. 23. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Celah keamanan yang bisa berdampak pada hampir setiap ponsel Android memungkinkan penyadap mengontrol kamera dan mikrofon dari jarak jauh.

Aplikasi Android Pengintai Terungkap Lagi

Jumat, 04. 8. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Perusahaan misterius di Panama diduga membayar pengembang aplikasi Android untuk memasukkan kode yang menyalin data sensitif dari ponsel pengguna.

Ingat April Mop, Ingat Pemeriksaan Fakta

Sabtu, 04. 2. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

April Mop populer di dunia meski asal-usul pastinya masih misteri. Momen ini digunakan untuk mengingatkan pentingnya pemeriksaan fakta.

Siapa Peduli Data Pribadi

Kamis, 03. 24. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Istilah ini sering muncul di media massa maupun sosial, tapi kepedulian pada data pribadi tampaknya masih butuh dorongan.

Literasi Jongkok Suburkan Investasi Bodong

Kamis, 03. 10. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Penipuan berkedok investasi lewat aplikasi trading kian marak belakangan. Isu literasi digital kembali disinggung, juga terkait keuangan. Flexing dituding salah satu modus pemikat investasi bodong.

Awas, Marak Malware Pencuri Password

Selasa, 03. 8. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Pencurian kredensial yang berisi akun dan password kian marak. Pencurian masif lewat komputer kerja ini didorong pula oleh permintaan yang meningkat di pasar gelap.

Belajar Literasi Digital bagi Anak

Minggu, 03. 6. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Literasi digital diakui sebagai elemen utama yang dibutuhkan anak untuk sekolah, pekerjaan, dan kehidupan. Apa sebenarnya literasi digital bagi anak-anak?

Tingkatkan Kewaspadaan di Dunia Digital

Kamis, 02. 3. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Keamanan digital terkait keamanan data pribadi saat berinteraksi, penggunaan media sosial, serta perangkat digital. Netizen Indonesia mendapat skor terendah di aspek ini.

Literasi Digital Indonesia 2021 Naik Tipis

Jumat, 01. 21. 2022  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 berada pada level “sedang” dengan skor 3,49 dari skala 1-5. Meningkat tipis dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya.

Literasi Digital Indonesia Pas-Pasan

Senin, 11. 29. 2021  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Tidak gegabah rasanya bila menyatakan bahwa capaian literasi digital yang tak menggembirakan ini, jauh lebih butuh prioritas untuk diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan.

Resolusi PBB menyatakan bahwa warga negara harus memiliki keterampilan melek media dan informasi, dan negara-negara anggota PBB wajib mencapai tujuan tersebut.

Sensor Tidak Lebih Baik Dari Melek Media

Selasa, 11. 9. 2021  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Sensor, khususnya di internet, mengandalkan mesin yang butuh sumber daya besar tetapi hasilnya tak seberapa. Pendidikan melek media tetap lebih baik.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) terpaksa digelar karena penyakit Covid-19 maha menular. Metode ini terbukti berpengaruh terhadap learning loss siswa.

Cancel Culture: Konsekuensi atau Pelampiasan

Kamis, 10. 28. 2021  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Frasa cancel culture jadi buah bibir di media. Perdebatan tentangnya masih panas, ada yang menganggap ini konsekuensi, atau pelampiasan yang berlebihan.

Otak bagian depan atau frontal lobes memproses informasi setelah melewati amigdala. Bila amygdala hijack yang terlebih dahulu muncul, proses menafsir informasi secara logis urung terjadi.

Internet Jadi Taman Bermain Anak

Jumat, 02. 15. 2019  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Jangan heran bila anak-anak di bawah usia 13 sudah fasih bermedia sosial. Anak usia sekolah dasar (7-12 tahun) di Indonesia sudah bisa mengakses internet untuk beragam kebutuhan.

Privasi adalah Persoalan Kedaulatan

Selasa, 01. 10. 2017  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Bila setuju bahwa privasi adalah sebuah wujud kebebasan dan kedaulatan maka harus dilindungi, bukan untuk disembunyikan.

Dampak Menonton TV Tidak Selalu Negatif

Kamis, 10. 8. 2015  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Di antara suara sumbang tentang dampak menonton TV terhadap anak, masih ada harapan untuk memanfaatkannya. Kuncinya adalah interaktifitas.

Melek Media dan Kewarganegaraan

Rabu, 02. 12. 2014  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Hak menyampaikan pendapat seharusnya dijamin negara. Agar efektif, perlu melek media sehingga kewarganegaraan bisa dijalankan.

Sejarah internet dimulai 1969 oleh Departemen Pertahanan AS, melalui teknologi ARPANET. Tapi istilah “internet” baru ditemukan pada 1982.

Peran media sebagai medan pertempuran kampanye politik, mungkin sudah tak aneh di negara yang demokrasinya sudah maju. Di antara banyak contoh kasus, salah satu yang menarik perhatian dunia mungkin kasus Obama. Saat mencalonkan kembali menjadi presiden, Barack Obama “diserang” oleh aktor gaek dari atas panggung. Tontonan “baku serang” yang mereka suguhkan, bisa menjadi pelajaran menarik. Bagi […]

Anak-anak Semakin Terkoneksi dengan Internet

Senin, 10. 29. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Hasil penelitian berikut ini menggambarkan kondisi di Inggris Raya (UK). Tetapi ada beberapa hal yang bisa dipelajari, terkait pengaruh internet terhadap anak.

Dampak Bullying, Amanda Todd Jadi Korban

Selasa, 10. 16. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Amanda telah menjadi korban dampak bullying, selama bertahun-tahun, hingga ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Manfaatkan Media, Hindari Dampak Buruknya

Rabu, 09. 19. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Menurut James Potter melek media adalah perspektif yang digunakan secara aktif ketika individu mengakses media dengan tujuan memaknai pesan di dalamnya.

Mizuko Ito atau akrab dipanggil Mimi Ito, adalah seorang antropolog kebudayaan yang meneliti mengenai media baru. Ia pernah terlibat penelitian tentang bagaimana anak-anak (dan remaja) belajar dari electronic games, media sosial, dan produksi media digital. Kesimpulannya, literasi digital sangat penting untuk anak. Ia baru saja menyelesaikan Digital Youth Project, sebuah studi yang didukung oleh MacArthur Foundation tentang […]

The Digital Divide

Senin, 02. 6. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Infografik berikut berlaku untuk Amerika Serikat. Tetapi, gambaran yang lebih parah akan bisa kita temukan di negara-negara berkembang, seperti di Indonesia.

Hari Privasi Data, atau Data Privacy Day

Sabtu, 01. 28. 2012  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Saat semua data mulai dipindahkan ke dalam jejaring di internet, peluang diaksesnya data-data tertentu oleh pihak yang tidak berkepentingan sangat tinggi.

Mewaspadai Propaganda dalam Media

Selasa, 12. 20. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Propaganda adalah penjelasan atau penerangan yang benar atau salah, untuk meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.

Literasi Digital dengan Taksonomi Bloom

Rabu, 11. 16. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Taksonomi ini bisa diaplikasikan ke dalam ranah digital. Karena dunia digital sudah digadang menjadi roh pendidikan di abad-21, pembelajaran literasi digital pun bisa ditaksonomikan.

Awasi Perilaku Online Anak-anak

Minggu, 09. 18. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Penelitian dari FOSI (Family Online Safety Institute) ini mencoba melihat perilaku orang tua terhadap anak-anak mereka yang sudah aktif di internet. Keselamatan anak-anak di internet adalah hal penting, mengingat di internet apa saja bisa ditemukan, dan banyak di antaranya yang tidak layak dikonsumsi. Mengandalkan kebijakan pemerintah untuk memblokir situs yang dianggap tidak layak tidaklah cukup, […]

Mahasiswa Rajin Googling tapi Tidak Optimal

Kamis, 08. 25. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Sebuah riset dari The Ethnographic Research in Illinois Academic Libraries (ERIAL) mengungkap beberapa fakta yang menarik tentang kebiasaan mahasiswa googling untuk penelitian. Penelitian ERIAL ini dilakukan selama dua tahun, tujuan utamanya mengungkap bagaimana proses para mahasiswa melakukan penelitian, dan bagaimana hubungan antara mahasiswa, pengajar, dan pustakawan dalam membantu proses tersebut. Dengan metode kualitatif, penelitian ini melibatkan […]

PSA Series: Cyber Bullying

Minggu, 07. 17. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Cyber Bullying, adalah bullying yang terjadi di dunia maya. Ia seringkali terjadi di media sosial, yang membuat seseorang atau sekelompok orang menjadi direndahkah derajatnya karena sesuatu hal. Biasanya, sesuatu yang berkaitan dengan kelemahan atau kekurangan yang dimilikinya. Video-video berikut ini adalah kumpulan iklan layanan masyarakat yang berupaya melawan bullying, terutama di dunia maya. Seringkali penghinaan, […]

PSA Series: Mikir Sebelum Posting

Sabtu, 07. 16. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Iklan layanan masyarakat ini mengingatkan Anda, teman-teman, putera/puteri, atau siswa Anda jangan sembarangan unggah konten. Lebih baik mikir sebelum posting.

Belajar Literasi Digital dari Kasus Prita

Selasa, 07. 12. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

UU ITE meski masih diperdebatkan secara luas, perlu kita tengok isinya. Sejak kasus Prita ini mencuat, UU ITE menjadi kontroversi yang seolah tak ada habisnya.

Tanggung Jawab Sosial Desain(er)

Sabtu, 05. 28. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Desain tidak hanya harus bagus secara estetik (good design), juga punya tanggung jawab terhadap umat manusia (design for good). Inilah gagasan di balik kampanye Do Good Design.

Menguak Independensi Media Massa Indonesia

Minggu, 05. 1. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Belakangan ini, media massa sibuk menibani kita dengan beragam berita, sehingga kasus lama pun menguap. Kasus Century, Gedung DPR baru, Antasari, seperti hilang tertelan berita tentang terorisme yang selalu marak “tepat” pada waktunya. Sementara ada pihak yang merasa media massa berpihak dan main mata dengan kepentingan lain, bahkan curhat dimana-mana karena isunya hanya masuk koran, tidak masuk televisi. Independensi […]

Seberapa Cepat Anda Membaca Data?

Selasa, 04. 26. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Sebuah berita di Koran Tempo hari ini (26/4/2011) menyatakan, 49% Siswa Setuju Aksi Radikal Berlabel Agama. Wow! Cukup memprihatinkan tentu saja. Penelitian ini dibuat oleh Lembaga Kajian Islam dan Perdamaian (LaKIP) selama Oktober 2010-Januari 2011. Kenapa atas nama agama, ada orang yang bisa memilih aksi radikal? Tapi bentar dulu, apa yang sebenarnya terjadi? Dalam artikel itu […]

[Kompas] Gambar-gambar yang Menipu

Senin, 04. 18. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Oleh: T. Yulianti Pemerhati Masalah Internasional. SEBUAH gambar bisa lebih kuat berbicara ketimbang ribuan kata. Tamsil ini dipraktikkan betul oleh para ahli strategi media Pentagon dalam menyajikan ke publik di seluruh dunia mengenai jalan cerita penangkapan Saddam Hussein. Televisi secara berulang-ulang, terus-menerus, menayangkan gambar Saddam yang tua dan lelah. Matanya merah, janggut kelabu, rambut tak […]

Cara Iklan Mengendalikan Anda

Selasa, 04. 12. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Cara kerja iklan mempengaruhi pemirsa, hampir selalu melalui pendekatan emosional. Dampak iklan terasa bila berhasil mempengaruhi khalayak.

Media Promosi Film Tak Layak Tayang

Jumat, 04. 8. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Pada tahun 2007, promosi film Captivity pernah mendapat teguran keras karena memproduksi media promosi yang tak layak tayang di ruang publik. Setelah sempat dipublikasikan di Los Angeles dan Kota New York, billboard, dan beberapa iklan di mobil taksi, media-media tersebut diminta oleh MPAA untuk segera diturunkan. Materi dalam bilboard dan iklan-iklan tersebut dipandang terlalu vulgar, dan berbahaya […]

Pandangan Akademik tentang Melek Media (2)

Rabu, 03. 16. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Berikut lima ranah penelitian dari para akademisi melek media atau literasi media yang cakupannya luas, dan saling berhubungan.

Kita Perlu Melek Media dan Informasi

Selasa, 03. 15. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Para pendamping anak, bisa orang tua atau guru, perlu melek media dan melek informasi agar bisa mengikuti perkembangan, tetap relevan bagi anak dan remaja.

Kajian Media, Memangnya Kenapa?

Jumat, 03. 11. 2011  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Mengapa perlu melakukan kajian media? Perlu alasan yang seriuskah untuk melakukan hal ini? Menurut Graeme Burton dalam bukunya Yang Tersembunyi di balik Media, paling tidak ada beberapa alasan kenapa kajian media itu perlu dilakukan. Kalau Anda juga melakukannya, mungkin Anda punya alasan sendiri? 1. Minat Seseorang mungkin punya minat terhadap media tertentu. Seperti yang kita […]

Siapkah Kita Hidup di Ruang Publik?

Selasa, 12. 21. 2010  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Panggung Facebook (atau Twitter, dan sejenisnya) sama sekali bukan ruang publik. Ia milik perusahaan swasta yang sahamnya bisa saja dimiliki publik.

Kompas Opini: Literasi Memenangi Kehidupan

Selasa, 11. 23. 2010  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Artikel opini menarik hari ini, tanggal 23 November 2010 di Harian Kompas, oleh H Witdarmono. Awal abad XX ditandai oleh perang Rusia melawan Jepang (1904-1905). Rusia kalah pada pertempuran laut di Selat Tsushima 27-28 Mei 1905. Geoffrey Jukes, penulis The Russo-Japanese War 1904-1905, mengatakan, penentu hasil perang itu bukanlah teknologi, tetapi tingkat literasi. Hanya 20 […]

Racun Budaya Populer bagi Remaja Perempuan

Sabtu, 10. 23. 2010  –  Category: Artikel, Literasi Baru

Kenapa perempuan cantik harus langsing dan berkulit putih? Karena itulah citra yang disajikan berbagai media. Ia bak mantra budaya populer, menyingkirkan siapa pun yang liyan. Menjadi cantik memang harapan semua perempuan. Tinggi langsing, berkulit putih atau kuning langsat, rambut hitam tergerai berkilauan, atau entah apalagi. Dari mana definisi itu muncul? Semua gambaran itu wujud para […]

Pernah liat iklan makanan di televisi? Pasti mengundang selera bukan? Tapi jangan terlalu percaya, karena makanan yang tampil di televisi lewat iklan, atau lewat poster-poster penggoda rasa itu, bukanlah barang yang sebenarnya. Ada ahli tata rias makanan yang dengan sempurna memoles makanan yang akan ditampilkan dalam iklan. Seperti yang akan Anda lihat dalam adegan berikut […]