Hati-hati Saat Berbagi (1,5 jam)?

Bagian pertama ini menyoal "Hati-hati saat berbagi" (Share with Care). Pada dasarnya materi ini tentang privasi di internet untuk segala usia. Pesan intinya, hampir tidak mungkin mengambil kembali apa yang Anda bagikan di internet, mengontrol siapa yang akan melihatnya, atau memperkirakan seberapa lama konten tersebut akan bertahan di dunia maya.

Jangan Tertipu Konten Palsu (1,75 jam)?

Penting untuk memahami bahwa kontak atau konten yang ditemukan secara daring belum tentu benar, dan bisa saja penipuan atau pencuri informasi, identitas, atau properti lain. Penipuan daring seringkali menggoda pengguna dari segala usia menanggapi postingan dan promosi palsu—terkadang dari orang yang berpura-pura menjadi seseorang yang mereka kenal.

Amankan Data Pribadi (1,5 jam)?

Siapa pun berselancar di Internet—game, telepon, asisten digital, komputer, dll.—perlu mengetahui dasar-dasar privasi dan keamanan daring. Melindungi perangkat dan informasi pribadi di dalamnya berarti memikirkan apa yang "masuk dan keluar" dan bijak dengan kata sandi.

Bersikap Baik itu Keren (1,25 jam)?

Internet dapat menonjolkan kebaikan juga hal-hal negatif. Belajar mengekspresikan kebaikan dan empati—dan bagaimana menanggapi hal negatif serta pelecehan—sangat penting untuk membangun hubungan yang sehat dan mengurangi intimidasi, depresi, dan masalah lainnya.

Jangan Diam (1,25 jam)?

Penting bagi warganet untuk memahami bahwa mereka tidak sendirian saat melihat konten online yang menimbulkan rasa tidak nyaman—terutama jika bisa melukai seseorang. Jangan ragu untuk bertindak atau mencari bantuan dari seseorang yang dipercayai. Ketahuilah ada berbagai cara untuk mengambil tindakan.
5.3 Selalu ada pilihan

Seringkali Anda ingin membantu korban bullying tetapi tidak tahu harus berbuat apa. Materi berikut ini menunjukkan bahwa semua orang punya pilihan, dengan beberapa contoh, dan memberi kesempatan untuk menggunakan respons versi Anda sendiri dalam menanggapi situasi perundungan secara positif.

Dalam materi Selalu ada pilihan berikut ini Anda akan:

  • Mempelajari berbagai cara untuk terlibat dan menjadi penolong dalam situasi tertentu.
  • Memiilih cara merespons dari berbagai opsi yang dirasa aman dan sesuai untuk Anda.
  • Menggunakan respons Anda sendiri terhadap situasi tertentu.

Saat melihat seseorang bersikap jahat kepada orang lain secara online—mempermalukan korban, mengolok-olok, tidak menghormati, menyakiti perasaan, dll.—Anda selalu punya pilihan.

Pertama, Anda dapat memilih untuk menjadi penolong daripada menjadi penonton dengan membantu korban. Kedua, jika memilih menjadi penolong, Anda punya sejumlah pilihan tindakan. Mana yang akan dipilih, tergantung situasi yang dihadapi.

Yang paling penting adalah, tindakan terpilih benar-benar dapat membantu korban, mendengar keluhannya bila merasa tidak nyaman—dan mereka tahu bahwa seseorang (atau sekelompok orang) peduli kepadanya.

Berikut 10 contoh pilihan aksi saat menghadapi perundungan yang disarankan Kids Helpline, layanan konseling 24 jam terhadap bullying di Australia.

Perhatikan dari sekian banyak pilihan yang tersedia, setidaknya ada dua jenis pilihan: Secara publik atau privat. Secara publik, artinya tindakan yang Anda pilih dapat dilihat oleh “siapapun” di internet. Tindakan bersifat privat, artinya tindakan itu hanya akan bisa dilihat atau diterima oleh seseorang, baik itu korban atau pelaku.

Sebaiknya berhati-hati untuk memilih dukungan terbuka, karena bila salah merespons bisa menimbulkan masalah baru. Pastikan dulu duduk perkara perundungan yang terjadi, siapa yang salah, dan bagaimana seharusnya. Ingat, tetaplah bersikap sopan meski nadanya bisa tegas.