Ketika harus menulis, saya harus mempelajari apa yang akan saya tulis. Karena itulah menulis menjadi menyenangkan. Tetapi seringkali mencari apa yang kita butuhkan, menyebabkan kita kebanjiran informasi. Apalagi di internet, sekali mengetikkan kata kunci di Google, kita bisa menemukan jutaan artikel.

Kalau malas menggali, kita bisa terjebak menyalin-tempel artikel orang lain, tanpa membuatnya lebih kaya. Sebaliknya kalau terlalu rajin, pembaca bisa bingung karena terlalu banyak informasi yang ditampilkan. Menemukan keseimbangan antara dua batasan ini, membutuhkan pengalaman.

Artikel dari 39articles.net menarik untuk dipelajari, karena memberi beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk melakukan pencarian dan menuliskannya secara efektif di blog. Bukan cuma Google yang bisa dijadikan sumber, karena perkembangan media sosial sudah semakin canggih. Banyak media sosial yang menyediakan sumber informasi, dan bisa kita dayagunakan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi sumber di atas, dengan beberapa penambahan:

Google Search

Tips untuk mencari di Google pernah dibahas di artikel 10 Tips Googling untuk Pemula. Selain untuk dari mencari beragam sebenarnya Google juga menawarkan fitur pencarian lain, seperti Google News untuk pencarian dari situs berita, Google Blog untuk pencarian dari Blog. Jangan lupa, Google juga menyediakan Google Images untuk menemukan gambar. Trik terbaru tentang Google Images pernah dibahas di sini.

Tampilkan contoh »

Quora

Situs ini menarik, karena pada dasarnya adalah sebuah website Tanya-Jawab. Kalau pernah membuka Yahoo Answers, Quora ini mirip sekali. Bedanya adalah, di Quora ada orang-orang yang kompeten untuk menjawab, sehingga hasilnya bisa lebih akurat. Quora juga mementingkan jati diri si pengguna, sehingga jawaban bisa diyakinkan apakah datang dari orang yang kompeten atau tidak. Mengenai Quora, bisa dibaca lebih lanjut di blog dailysocial.net.

Tampilkan contoh »

Kalau mau mencari sesuatu dari jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook, mereka sudah menyediakan fitur pencariannya masing-masing. Twitter misalnya, kalau mencari secara efisien, bisa memanfaatkan search.twitter.com. Di sana banyak menu yang Advanced Search yang bisa memaksimalkan pencarian. Kalau di Facebook, fitur pencariannya sudah terintegrasi dengan Bing, mesin pencari dari Microsoft. Tips seperti pencarian di Google bisa berlaku di Facebook. Sedangkan untuk menemukan sesuatu di forum, seperti Kaskus, perlu alat pencari khusus kalau kita tidak memiliki akun di sana.

Berikut beberapa aplikasi web yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan sesuatu dari jejaring sosial.

Topsy

Sebenarnya Google juga menyediakan fasilitas pencarian dari Twitter, melalui Google Realtime. Tapi sejak dibukanya Google+, fitur jejaring sosial di bawah Google, fitur pencarian ini tidak bisa diakses lagi. Pilihan terbaik adalah memanfaatkan Topsy. Web Aplikasi ini memungkinkan kita menemukan twit yang sudah lama, bahkan terkadang lebih lama daripada yang ada di Twitter Search sendiri. Selain menampilkan hasil dalam bentuk kumpulan twit, Topsy juga bisa menampilkan dalam bentuk grafik. Dari sana, kita juga bisa melihat link ke artikel apa saja yang populer di linimasa berkaitan dengan kata kunci yang kita cari. Anda tidak perlu login untuk mencari di laman ini.

Tampilkan contoh »

Bettween

Mencari pembicaraan di antara dua akun, akan sangat merepotkan kalau harus mencari di masing-masing akun. Untuk itu, Bettween akan sangat membantu. Web aplikasi ini dapat melacak diskusi di antara dua akun, terutama dalam waktu yang relatif dekat. Artinya, diskusi itu berlangsung dari menit ke menit, bukan jawaban yang muncul berhari-hari setelah pertanyaan diajukan. Kalaupun diskusi itu sudah lama, bisa saja muncul dalam perncarian di Bettween, tetapi akan memakan waktu lebih lama untuk melacaknya.

Untuk mencari diskusi, kita tidak harus melacak dari kedua akun, tetapi bisa dilacak dari salah satunya. Pada menu di laman itu, kita bisa periksa satu akun, dan dengan siapa saja ia pernah berdiskusi. dari sana, kita bisa klik tautannya dan muncullah diskusi yang terjadi di antara kedua akun. Sayangnya, fitur ini membutuhkan waktu yang agak lama untuk bekerja 😀

Tampilkan contoh »

Boardreader

Untuk menemukan sesuatu di forum, seperti Kaskus, sebenarnya dapat dilakukan kalau kita adalah anggota dari forum tersebut. Tetapi kalau harus menjadi anggota dulu di berbagai forum, mungkin akan merepotkan. Kalau mau mencari suatu topik di forum yang tidak kita masuki, perlu alat pencari khusus. Boardreader mungkin salah satu mesin pencari yang unik dan bisa membantu kita. Dengan fitur Advanced Search, kita bisa memilih forum apa yang dituju, dan kata kunci apa yang akan dicari.

Tampilkan contoh »

Satu hal yang perlu diperhatikan, tentu adalah etika penyebutan sumber. Sebaiknya sumber apapun yang digunakan untuk menulis, dicantumkan agar keakuratan isinya dapat dipertanggungjawabkan, dan penghargaan bagi yang sudah menuliskannya duluan. Jangan sampai materi yang ditulis tidak akurat, karena memang sumbernya sudah tidak akurat, tetapi pembaca tidak tahu bagaimana awal tulisan itu. Dengan mencantumkan sumbernya, paling tidak pembaca bisa menilai, apakah tanggung jawab keakuratan ada pada si penulis, atau pada sumber tulisannya.

Semoga pengalaman menulis Anda akan semakin menyenangkan.

*Gambar ilustrasi diambil dari businessandprocess.com/

2 Komentar untuk “Tips Menggali Bahan Tulisan Di Internet”

  1. bangaip

    mantab mas! aku izin share ke twitter yo :))

  2. melekmedia

    Wah, silakan! Terima kasih sudah berbagi 😀

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!