6 April, 2010 

Belajar dari Media bersama Michael Moore

Oleh: rahadian p. paramita
Tentang: , ,  –  1 Komentar

Ingat Film Bowling for Columbine? Film ini selain sekedar tontonan, juga dimaksudkan oleh pembuatnya sebagai media pembelajaran. Moore bahkan sudah mempersiapkan panduan penggunaan film ini untuk para guru di sekolah. Menarik bukan?

Dari web jiffest.org, berikut adalah sinopsis film tersebut:

“Bowling for Columbine” merupakan film mengenai Amerika Serikat yang penuh humor dan juga menegangkan. Dari gambaran situasi di SMU Columbine yang terekam dari kamera keamanan hingga situasi di rumah pemenang Oscar dan Presiden NRA, Charlton Heston; dari kisah seorang pemuda yang membuat sendiri bom napalm berdasarkan Anarchist’s Cookbook hingga pembunuhan seorang anak kecil berusia 6 tahun oleh anak usia 6 tahun lainnya, “Bowling for Columbine” adalah sebuah perjalanan mengarungi Amerika dan masa lalu, berharap untuk menemukan mengapa untuk bahagia harus menghadapi banyak kekerasan. Ini bukan film mengenai penguasaan senjata. Ini adalah film mengenai keadaan Amerika Serikat yang menakutkan.

Dalam film ini, Moore membuktikan, bahwa Kanada, negara tetangga Amerika yang juga menonton film dengan kekerasan yang sama, memiliki kebebasan perdagangan senjata yang sama, tetapi dengan rekor pembunuhan bak langit dengan bumi. Artikel dari Sinarharapan.co.id menunjukkan:

… Jika dibandingkan dengan negara lainnya: Kanada, Eropa, Asia atau Australia, Amerika menduduki peringkat teratas pembunuhan akibat kekerasan senjata per tahunnya dengan total 11.127 kasus.

Nah, kalau mau bicara tentang kekerasan di dalam kelas, materi ini bisa digunakan. Banyak sekali kok media belajar yang bisa dimanfaatkan, asal mau kreatif… Selamat Belajar!

Michael Moore – Bowling for Columbine Teacher Guide

Satu Komentar untuk “Belajar dari Media bersama Michael Moore”

  1. rizal

    […sebuah perjalanan mengarungi Amerika dan masa lalu, berharap untuk menemukan mengapa untuk bahagia harus menghadapi banyak kekerasan.]

    mantaft 😀

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!