7 August, 2010 

Jangan Mudah Tergoda Iklan Online

Oleh: rahadian p. paramita
Tentang: , , ,  –  2 Komentar

Ketika jalan-jalan di dunia maya melalui perambah, mungkin Anda akan sering menemui berbagai macam iklan dalam bentuk banner. Banner ini bentuknya bisa bermacam-macam, bisa kotak, persegi panjang, atau bahkan dalam bentuk melayang dalam format Adobe Flash, lengkap dengan animasinya. Di antara sekian iklan, ada yang tidak jelas bahkan cenderung menjebak dengan pesan-pesan yang berlebihan. Contohnya iklan dalam bentuk banner di samping ini. Anda bisa tebak ini mengiklankan produk apa?

Contoh banner yang menggoda seperti ini, sangat mungkin akan membuat mereka yang awam, akan langsung tertarik. Penggunaan bahasa yang cenderung bombastis dan bahkan sebenarnya terlalu melebih-lebihkan, kalau mau tidak mau disebut berbohong, seringkali digunakan oleh pengiklan demi mendapatkan konsumen. Saya bereksperimen dengan banner yang satu ini, dan apa yang saya dapati. Ketika di klik, ia langsung menuju ke sebuah halaman khusus yang menjelaskan layanannya.

PERINGATAN: Jangan mencoba-coba klik iklan sembarangan, karena bisa saja link/tautan yang diberikan sebenarnya adalah cara untuk merekam data-data pribadi Anda ketika browsing. Lakukan jika Anda mengerti benar apa yang Anda lakukan!

tabloid-gosipBanner di atas, sebenarnya adalah layanan SMS premium yang menyediakan wallpaper, gambar yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang layar ponsel Anda. Sudah sering saya mendengar keluhan orang-orang yang menyesal telah mengklik iklan seperti ini, karena ketika ia memasukkan nomor ponselnya, ia mendapat pesan-pesan yang tidak diinginkannya, dan berbayar pula. Artinya, setiap kali mendapat pesan, pulsanya terpotong sejumlah rupiah.

Pada penjelasan di atas, iklan ini menyebutkan harga berlangganan yaitu Rp 2000 per SMS, dan Rp 5000 per unduhan. Belum lagi biaya koneksi yang harus Anda tanggung sendiri. Mereka mencamtumkan nomor untuk Customer Service, dan Anda bisa lihat dalam teks yang saya tandai dengan kotak merah, mereka menyatakan kalau Anda berlangganan, Anda dianggap mengerti dan memahami Ketentuan dan Persyaratan Berlangganan. Entah yang mana yang mereka maksud sebagai Ketentuan dan Persyaratan Berlangganan, karena biasanya hal seperti itu tertuang dalam bentuk pasal-pasal yang harus disetujui terlebih dahulu. Contohnya, seperti tautan dari Kompas.com ini http://www1.kompas.com/privacy.php:

Kompas.com menggunakan informasi yang terkumpul dari hasil interaksi Anda dengan Kompas.com menggunakan Layanan Pesan Pendek (SMS) (“Layanan SMS”) hanya untuk keperluan peningkatan layanan SMS. Informasi yang terkumpul tidak akan disediakan, dijual, dilisensikan, disewakan atau diberikan kepada Pihak Ketiga, kecuali diperintahkan secara hukum, dan kami juga tidak akan menggunakan nomor telepon Anda untuk menghubungi atau mengirimkan SMS pada Anda tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Penyedia jasa telekomunikasi Anda dan penyedia jasa lainnya juga mengumpulkan data penggunaan Layanan SMS Anda, kegiatan ini diatur oleh kebijakan penanganan data-data pribadi mereka sendiri.

Kompas.com mengumpulkan data nomor telepon yang Anda gunakan ketika mengirimkan teks SMS dan isi pesan yang terkirim antara Anda dan Kompas.com. Ketika Anda mengirimkan pesan teks ke Kompas.com atau melalui Kompas.com, kami menyimpan nomor telepon pengirim, data provider telekomunikasi yang berkaitan dengan nomor tersebut, dan tanggal serta waktu transaksi. Informasi yang kami kumpulkan secara otomatis hanyalah yang berkaitan pada penggunaan layanan Mobile kami. Kompas.com menggunakan data-data ini untuk menganalisa lalu lintas pesan untuk mengoperasikan, mengembangkan dan meningkatkan Layanan SMS kami.

Pernyataan berkaitan dengan privacy sangat penting, karena ini menyangkut no ponsel pribadi Anda, yang bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Banyak iklan-iklan menggoda seperti ini, yang akhirnya menyebabkan seseorang harus membuang nomor ponselnya, karena sudah sulit dikendalikan. Karena kita juga tidak tahu persis kredibilitas si penyedia layanan, maka berhati-hatilah dengan iklan-iklan model ini.

Lagi-lagi, memahami setiap layanan dengan benar, akan jauh menghemat waktu Anda daripada nanti harus berurusan dengan pesan-pesan sampah-sampah yang masuk ke ponsel Anda. Temukan persyaratan atau ketentuan kayanan yang akan Anda gunakan, supaya mekanisme komplain nantinya juga lebih jelas. Read the Term of Services (ToS)!

UPDATE:

Ini ada lagi contoh iklan yang menyesatkan. Iklan ini seolah-olah akan memberi Anda kemampuan menerawang pakaian perempuan, hingga ke dalam-dalamnya. Padahal kalau kita tengok tautannya, ini sebenarnya iklan SMS Premium juga.

Layanan teks sms ini kompatibel dengan semua merek telepon seluler diantaranya seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Motorola, LG, Panasonic, Alcatel dan masih banyak lagi. Harga berlangganan Rp.2000 per sms dikirimkan setiap hari. Operator telepon seluler akan membebankan biaya kepada para pelanggannya. Dengan berlangganan layanan ini, pelanggan berarti mengerti dan memahami ketentuan dan persyaratan berlangganan. Costumer service 021-3918614. Untuk berhenti berlangganan ketik UNREG FUN dan kirim ke 9386.

Kutipan di atas adalah teks penjelasan yang ada di halaman landing page dari iklan yang menggoda itu. Seperti yang Anda lihat pada screen shot di bawah ini, tautan landing page iklan ini mendapat reputasi buruk dari WOT (The Web of Trust – lihat artikel tentang WOT). Artinya, bukan halaman yang kredibel untuk dipercaya isinya. Berikut tampilan landing page-nya:

Kalau banner di samping ini modusnya hampir sama, tetapi kelihatannya dari penyedia konten yang berbeda. Kalau kita baca petunjuknya pada halaman landing page, bunyi iklannya seperti ini:

Anda mendapatkan 1 SMS per hari hanya dengan Rp. 2000/SMS untuk download content BLUE2JAVA berlangganan anda. Biaya operator SMS/WAP/GPRS standar mungkin berlaku. Pelanggan berusia dibawah 18 tahun memerlukan izin pemilik terdaftar dari handphone yang bersangkutan. Pembatalan dapat dilakukan kapan saja melalui SMS: Hanya dengan mengirim pesan UNREG GMJAVA ke 9779. Bantuan? hotline-id@yepp-yepp.com atau hubungi Customer Service kami di 001-803-017-9110.

Dibandingkan dengan contoh sebelumnya, pernyataan dalam iklan yang terakhir ini masih lebih baik, karena mencantumkan usia minimal. Tetapi sama saja, layanan yang mereka berikan adalah SMS berlangganan dengan harga premium. Padahal dalam iklan seolah menawarkan fitur canggih dalam Handphone.

Jadi, masih berharap handphone penindai tubuh melalui layanan premium SMS? Jangan buang-buang pulsa Anda 😀

2 Komentar untuk “Jangan Mudah Tergoda Iklan Online”

  1. MeasePien

    mengapa tidak:)

  2. Anime7Graphic

    Tidak apa maksudnya gan?? Perjelas dong!!

Komentar Anda?


Topik

Komentar

Gabung Melekmedia!