15 June, 2010 

Tak Suka Acaranya, Matikan Saja!

Oleh: rahadian p. paramita
Tentang: ,  –  Komentar Anda?

Ada benci dengan tontonan di TV? Andalah yang memegang remote control-nya, matikan saja. Atau Anda bisa cari saluran lain yang menarik menurut Anda. Video ini dapat digunakan untuk menjelaskan kepada anak, bahwa Televisi menawarkan banyak hal, termasuk hal positif dan negatif. Kita lah yang harus mampu memilih.

Dalam video berikut ini, si tokoh TV berulang-ulang menyebut, I’m Just A TV. Kitalah para penonton yang lebih cerdas daripada benda itu. ANak-anak punya banyak pilihan selain nongkrong di depan TV, karena hal tersebut butuh pendampingan dari orang tua atau orang yang lebih tua. Buat anak-anak, televisi bisa menjadi semacam sihir yang menyedot seluruh perhatiannya, sementara mereka belum sanggup membedakan mana yang fiksi dan mana yang nyata.

Lihat video »

Pada saat menonton video ini, anak-anak dapat diminta menyebutkan hal-hal yang “cerdas” yang disebutkan dalam video. Sayang sekali, video ini berbahasa Inggris, jadi mungkin tidak tepat digunakan pada anak Anda yang tidak berbahasa Inggris. Cara lain mungkin Anda bisa ceritakan kembali apa yang dikatakan “TV” dalam video ini kepada anak. Atau, dengan video lain yang berbahasa Indonesia, gagasan ini bisa ditiru. Pendidikan semacam ini dapat meningkatkan cara berpikir kritis anak-anak terhadap media massa, tidak saja televisi.

Video ini disertai dengan cara mendiskusikannya bersama anak, atau bersama murid jika Anda adalah seorang guru. Tautannya bisa Anda dapatkan di sini, http://longlivekids.ca/, lihat di bagian Smart As You. Untuk mengunduh materinya, Anda hanya perlu mendaftar, gratis kok.

*Gambar dari whitedot.org

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!