17 January, 2010 

10 Panduan Etiket di Internet

Oleh: Melekmedia
Tentang: , , ,  –  Comments Off on 10 Panduan Etiket di Internet

Apa itu Netiket? Sederhananya, ini adalah etiket di internet atau etiket dunia maya. “Etiket” menurut KBBI berarti tata cara (adat sopan santun, dan sebagainya) dalam masyarakat beradab dalam memelihara hubungan baik antara sesama manusia. Dengan kata lain, Netiket adalah seperangkat aturan untuk berperilaku secara online.

Saat Anda memasuki budaya baru — dunia maya memiliki budayanya sendiri — Anda dapat melakukan beberapa kesalahan sosial. Anda mungkin menyinggung orang tanpa bermaksud demikian. Atau mungkin salah memahami apa yang dikatakan orang lain dan tersinggung jika tidak dimaksudkan.

Lebih buruk lagi, sesuatu tentang dunia maya membuatnya mudah untuk melupakan bahwa Anda sedang berinteraksi dengan orang lain yang nyata — bukan hanya karakter ASCII di layar, tetapi juga karakter manusia yang hidup. Maka, diperlukan juga etiket di internet.

Buku Netiquette atau netiket buatan albion.com ini memiliki tujuan ganda: membantu pemula meminimalkan kesalahan, dan membantu pelancong dunia maya yang berpengalaman membantu para pemula.

Premis dari buku ini adalah bahwa kebanyakan orang lebih suka berteman daripada musuh, dan jika Anda mengikuti beberapa aturan dasar, Anda cenderung tidak membuat kesalahan yang akan mencegah Anda berteman.

Daftar aturan inti di bawah ini, dan penjelasan selanjutnya, dikutip dari buku tersebut. Ini dimaksudkan sebagai sebagai seperangkat pedoman umum untuk perilaku dunia maya. Mungkin tidak menjawab semua pertanyaan tentang etiket di internet, setidaknya memberi prinsip dasar dalam memecahkan dilema di dunia maya.

Aturan 1: Ingat Manusia

Saat berkomunikasi secara elektronik, baik melalui email, pesan instan, posting diskusi, teks, atau metode lain, praktikkan Aturan Emas: Lakukan kepada orang lain seperti yang Anda ingin orang lain lakukan kepada Anda.

Ingat, kata-kata tertulis Anda dibaca oleh orang-orang yang nyata, semuanya layak untuk dikomunikasikan dengan hormat. Sebelum Anda menekan “kirim”, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya akan baik-baik saja jika orang lain yang menulisnya?”

Aturan 2: Gunakan standar perilaku seperti di dunia nyata

Meskipun dapat dikatakan bahwa standar perilaku mungkin berbeda di dunia maya, mereka tentu tidak boleh lebih rendah. Anda harus melakukan yang terbaik untuk bertindak sesuai dengan hukum dan perilaku etis masyarakat setiap kali Anda menghuni “ruang maya”.

Apakah Anda akan bersikap kasar kepada seseorang saat bertatap muka? Pada sebagian besar kesempatan, tidak. Anda juga tidak boleh berperilaku seperti ini di dunia maya.

Aturan 3: Ketahui di mana Anda berada di dunia maya

“Netiquette bervariasi dari domain ke domain.” (Shea, 1994) Tergantung di mana Anda berada di dunia maya, komunikasi tertulis yang sama dapat diterima di satu area, di mana mungkin dianggap tidak pantas di area lain. Apa yang Anda kirimi SMS ke teman mungkin tidak pantas dalam email ke teman sekelas atau kolega. Bisakah Anda memikirkan contoh lain?

Aturan 4: Hormati waktu dan bandwidth orang lain

Komunikasi elektronik membutuhkan waktu: waktu untuk membaca dan waktu untuk merespons. Kebanyakan orang saat ini menjalani kehidupan yang sibuk, sama seperti Anda, dan tidak punya waktu untuk membaca atau menanggapi email atau posting diskusi yang sembrono.

Sebagai komunikator dunia maya, adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa waktu yang dihabiskan untuk membaca kata-kata Anda tidak terbuang percuma. Jadikan komunikasi tertulis Anda bermakna dan to the point, tanpa teks asing atau grafik atau lampiran yang berlebihan yang mungkin membutuhkan waktu lama untuk diunduh.

Aturan 5: Jadikan diri Anda terlihat bagus saat online

Salah satu hal terbaik tentang dunia maya adalah kurangnya penilaian yang terkait dengan penampilan fisik Anda, suara Anda, atau pakaian yang Anda kenakan (kecuali jika Anda memposting video diri Anda bernyanyi karaoke dengan pakaian badut.) Namun, Anda perlu menjaga reputasi dari kualitas tulisan, jadi ingatlah tips berikut:

  • Selalu periksa kesalahan ejaan dan tata bahasa
  • Ketahui apa yang Anda bicarakan dan nyatakan dengan jelas
  • Bersikaplah menyenangkan dan sopan

Aturan 6: Bagikan pengetahuan ahli

Internet menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya; salah satunya adalah kemudahan membagikan atau mengakses informasi. Pada kenyataannya, kemampuan “berbagi informasi” ini adalah salah satu alasan didirikannya Internet. Jadi dalam semangat “bapak pendiri” Internet, bagikan apa yang Anda ketahui!

Saat Anda memposting pertanyaan dan menerima jawaban cerdas, bagikan hasilnya dengan orang lain. Apakah Anda ahli dalam sesuatu? Posting sumber daya dan referensi tentang materi pelajaran Anda. Baru-baru ini memperluas pengetahuan Anda tentang subjek yang mungkin menarik bagi orang lain? Bagikan itu juga.

Aturan 7: Bantu jaga agar perang api tetap terkendali

Apa yang dimaksud dengan flaming dan flame wars? Flaming adalah apa yang orang lakukan ketika mengungkapkan pendapat yang dipegang teguh tanpa menahan emosi (Shea, 1994). Sebagai contoh, pikirkan jenis komentar penuh gairah yang mungkin Anda baca di blog olah raga.

Sementara flaming tidak selalu dilarang dalam komunikasi virtual, flame wars, ketika dua atau tiga orang saling bertukar posting dengan penuh amarah, perilaku ini harus dikendalikan. Jangan menyiram bensin ke api; padamkan kemarahan mereka dengan membimbing diskusi kembali ke arah yang lebih produktif.

Aturan 8: Hormati privasi orang lain

Bergantung pada apa yang Anda baca di dunia maya, baik itu forum diskusi kelas online, halaman Facebook, atau email, Anda mungkin terpapar beberapa informasi pribadi yang perlu ditangani dengan hati-hati. Mungkin seseorang berbagi berita medis tentang orang yang dicintai atau mendiskusikan situasi di tempat kerja.

Menurut Anda apa yang akan terjadi jika informasi ini “sampai ke tangan yang salah?” Malu? Perasaan terluka? Kehilangan pekerjaan? Sama seperti Anda mengharapkan orang lain untuk menghormati privasi Anda, demikian juga Anda harus menghormati privasi orang lain.

Pastikan untuk berhati-hati saat memutuskan untuk membahas atau tidak membahas komunikasi virtual.

Aturan 9: Jangan menyalahgunakan kekuatanmu

Sama seperti dalam situasi tatap muka, ada orang-orang di dunia maya yang memiliki “kekuatan” lebih dari yang lain. Mereka memiliki lebih banyak keahlian dalam teknologi atau mereka memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam keterampilan atau materi pelajaran tertentu.

Mungkin Andalah yang memiliki semua pengetahuan dan kekuatan ini! Ingat: Mengetahui lebih banyak daripada yang orang lain atau memiliki lebih banyak kekuatan daripada yang dimiliki orang lain tidak memberi Anda hak untuk mengambil keuntungan dari siapa pun. Pikirkan Aturan 1: Ingat manusia.

Aturan 10: Maafkan kesalahan orang lain

Tidak semua orang memiliki pengalaman yang sama dalam berselancar di dunia maya. Tidak semua orang tahu aturan etiket di internet ini. Pada titik tertentu, Anda akan melihat pertanyaan bodoh, membaca jawaban panjang yang tidak perlu, atau menemukan kata-kata yang salah eja.

Saat hal itu terjadi, praktikkan kebaikan dan pengampunan seperti yang Anda harapkan akan dilakukan seseorang jika Anda melakukan pelanggaran yang sama. Jika itu adalah “pelanggaran” kecil, biarkan saja. Jika Anda merasa terdorong untuk menanggapi kesalahan, lakukan melalui email pribadi daripada di ruang publik.

Diadaptasi dari The Core Rules of Netiquette Shea, V. (1994). Aturan inti dari netiket. Netiquette (Edisi online, hal. 32-45). San Francisco: Buku Albion. Selengkapnya ada di The Core Rules of Netiquette

Maaf, Anda tak bisa lagi berkomentar.


Topik

Komentar

Gabung Melekmedia!