Facebook menambahkan sistem akses masuk pengguna melalui kode yang dikirim via SMS. Kode Verifikasi Facebook melalui SMS ini merupakan sistem keamanan tambahan sebelum pengguna bisa login ke sebuah akun.

Langkah ini ditambahkan setelah beberapa fitur untuk keamanan akses masuk melalui notifikasi email, pengenalan IP dan jenis perangkat akses dari user ke sistem pada Facebook, serta integrasi akun dengan platform email.

Tentu saja ini menjadi sebuah nilai tambah bagi pengguna Facebook dari segi kemanan dan privacy akun yang dimiliki. Apalagi isu kemanan dan pembajakan akun Facebook semakin marak sekarang, khususnya di Indonesia.

Dengan memanfaatkan fitur ini Anda akan mendapatkan kode keamanan 6 digit khusus setiap kali ada yang mencoba login ke akun Facebook Anda dari perangkat seluler atau browser yang tidak dikenal.

Hal itu akan mendeteksi akses masuk dari perangkat lain yang bukan berasal dari otorisasi Anda, dan meminimalisir pembajakan akun dari multiple login selain dari aplikasi maupun perangkat Anda.

Berikut ini adalah tips cara aktivasi menggunakan fitur kode verifikasi login:

1. Asumsikan Anda sudah dalam posisi login,

2. Silakan menuju ke halaman pengaturan akun (account setting) di menu account (kanan atas),

3. Selanjutnya lihat menu Account Security (agak bawah),

4. Klik change/ganti, dan anda akan melihat beberapa pengaturan lanjutan dan track login anda sebelumnya. Perhatikan gambar: (1) Opsi notifikasi, (2) Aktifasi verifikasi kode sms, (3) Daftar Perangkat Terdaftar, dan (4) Jejak aktivasi dan aktifitas akses perangkat.

Gambar-1

5. Langkah berikutnya adalah klik kotak centang untuk aktivasi fitur “Persetujuan Masuk ke Facebook”, lihat butir 2 pada Gambar-1

6. Setelah mengeklik, maka dialog aktivasi tahap pertama akan muncul, seperti pada gambar berikut:

Gambar-2

7. Lanjutkan dengan mengeklik tombol “Next” pada dialog, masukan nomor handphone Anda dan tunggu SMS dari Facebook untuk menerima kode aktivasi ini.

8. Berikut ini adalah contoh SMS kode aktivasi dan verifikasi dari Facebook:

Gambar-3

9. Hingga tahap ini proses aktivasi selesai

10. Anda akan menerima pemberitahuan melalui SMS bila ada perangkat baru lain yang belum terdaftar, mencoba untuk login (mengakses masuk).

11. Anda bisa mengatur dari menu pilihan, apakah notifikasi akan dikirimkan melalui email, telepon atau dua-duanya seperti contoh pada butir pertama di Gambar-1.

Catatan tambahan dari Facebook:

  • Kode keamanan SMS yang digunakan untuk autentikasi dua faktor selalu berupa 6 digit.
  • Untuk menyiapkan autentikasi dua faktor SMS, Anda dapat menggunakan nomor ponsel yang telah ditambahkan ke akun Anda atau menambahkan nomor baru. Pelajari selengkapnya tentang cara Facebook menggunakan nomor ponsel yang ditambahkan untuk autentikasi dua faktor.
  • Jika Anda tidak menerima kode verifikasi SMS, mungkin Anda sudah menonaktifkan SMS dari Facebook. Pelajari cara mengaktifkan kembali SMS.
  • Jika ingin menonaktifkan kode SMS dan menggunakan metode keamanan lain untuk autentikasi dua faktor, Anda harus mengaktifkan aplikasi autentikasi pihak ketiga atau menambahkan kunci keamanan ke akun Anda untuk melakukannya.
  • Anda bisa menonaktifkan kode verifikasi SMS dengan mengklik atau mengetuk Nonaktifkan di samping nomor ponsel yang ingin dihentikan penggunaannya. Jika Anda tidak mengaktifkan aplikasi autentikasi pihak ketiga atau menambahkan kunci keamanan ke akun Anda, menonaktifkan nomor ponsel Anda juga akan menonaktifkan autentikasi dua faktor.
  • Anda bisa mengaktifkan kembali kode SMS untuk ponsel dengan mengklik atau mengetuk Gunakan autentikasi dua faktor, lalu SMS. Klik atau ketuk nomor ponsel yang ingin digunakan kembali dan ikuti petunjuk di layar.
  • Pelajari selengkapnya tentang cara mengelola pengaturan autentikasi dua faktor.
  • Pelajari apa yang bisa dilakukan jika Anda mengaktifkan autentikasi dua faktor tetapi kini mengalami masalah saat login.

Catatan: Facebook tidak membebankan biaya atas penggunaan SMS untuk autentikasi dua faktor. Namun, biaya standar operator seluler Anda untuk mengirim dan menerima pesan tetap berlaku.

Selamat membaca, selamat mencoba dan tetaplah waspada!

20 Komentar untuk “Kode Verifikasi Facebook Login via SMS”

  1. tarji

    gan aku udh coba tips tu tp aku tidak tidak mendapatkan sebuah SMS persetujuan keamanan dari Facebook.

  2. Ofan Ebob

    Klo boleh tau ada kendala gk ketika melakukan pengaturan? Boleh dong gan agak d share d mari… 😀

  3. dyaz

    Tolong bantu pencerahan dong gan..

    saya tiap mau login FB slalu di minta kode verifikasi lewat sms.. saya udah masukin nomer hp tapi tak pernah dapet sms kode verifikasinya, saya sudah coba beberapa kali mengulang masukin nomer hp tapi tetep aja tidak dapat balasan kode,, sampe sekarang FB saya ga bisa di buka.

  4. Ofan Ebob

    Sepertinya pihak Facebook melakukan update system namun tidak semua user mendapatkan notifikasi, beberapa teman saya juga mengalami hal yang sama, saya udah cek di forumnya http://www.facebook.com/topic.php?uid=2915120374&topic=18751
    Ternyata beberapa user di luar sana juga mengalami hal yg sama…
    Untuk saat ini apa yang agan sudah lakukan selain recover password untuk bisa akses ke Facebook account agan?

    Alangkah baiknya akun agan di integrasikan dengan akun email supaya bisa autologin melalui email authentication saat agan lupa username, pass atau ke Block

  5. syaiful

    bro,, gw gk dpt sms buat verifikasi login,, gmna dong tuh,,???

  6. melekmedia

    Coba ikuti petunjuk Facebook ini: https://www.facebook.com/help/167724969955813/

    “Jika Anda mengalami masalah dalam menerima kode untuk memverifikasi akun, Anda dapat meminta kode baru. Ada dua cara untuk melakukannya:

    Klik tautan Verifikasi di bawah captcha (kata di dalam kotak) yang terlihat ketika mengirim permintaan pertemanan.

    Masukkan nomor ponsel di halaman konfirmasi ponsel. Pilih kode negara, lalu masukkan nomor tanpa menggunakan karakter khusus (+ atau -) atau angka nol di awal.

    Catatan: Jika Anda melihat pesan bahwa Anda sudah mencapai batas kode, tunggulah beberapa hari dan coba lagi. Jika Anda telah mencoba kedua opsi ini dan masih tidak dapat menerima kode, beri tahu kami.”

    Selamat mencoba.

  7. sayuti

    hai tman2ku yg lagi ol tlong ajarin aku buka facebook dong,

  8. sayuti

    gan sy sudah mengirimkan no ponsel brikut kode negara,tapi dia tidak mengenali no ponsel ku,gmana cranya ya gan?

  9. fachry tarrara al-mandary

    bantu aku donk.. saya tidak mendapatkan sms kode keamanan masuk facebook.

  10. arifudin

    minta kode verifikasi

  11. ekomariono

    kirimi aku kode konfirmasi melalui modem smartfren di windows xp

  12. sigit pamungkas

    minta kode persetujuan masuk facebook

  13. Ucy

    ,saya masih belum bisa masuk ke akun facebook saya…saya sudah masuk tapi suruh masukin kode dan gak ada kode masuk ….

  14. Saeful

    Gan gmana cara mengatasi, pihak facebook tidak mengirim kode keamanan lewat sms? Udh login berkali2 tpi kodenya tak terkirim

  15. melekmedia

    Sekarang bisa pake code generator dari app Facebook di ponsel juga.

  16. abdul rozak

    maaf gan,kalo Code Generator ga masuk sudah 3 hari knp tuh gan ??
    dan saya coba buka di ponsel saya juga sama meminta Code Generator nya.

    mohon solusinya gan , thx.

  17. melekmedia

    Nggak perlu ditunggu, generate aja kodenya dari Facebook app.

  18. longers

    ga dapet kode gan. uda 1x24jam juga tungguin
    solusinya gimana gan?

  19. melekmedia

    Buka aplikasi Facebook, ambil kodenya dari menu Code Generator.

Trackbacks:
  1. Pusat Keamanan Keluarga di Facebook |

Topik

Komentar

Gabung Melekmedia!