Kehadiran internet, menjadi media baru yang suka tidak suka akan masuk pula ke kelas-kelas sekolahan. Dunia pendidikan tidak bisa menghindar dari perkembangan ini. Media pembelajaran, kinipun berkembang semakin meluas ke multimedia, termasuk digital. Tetapi internet tidak saja menjadi media pembelajaran, ia bisa juga menjadi media belajar. Selama dimanfaatkan dengan tepat, beragam fitur di internet, seperti situs jejaring sosial, mesin pencari, bisa sangat bermanfaat bagi pebelajar.

Pemanfaatan teknologi ini, menciptakan revolusi dalam dunia pendidikan. Sebagai media pembelajaran baru, siapa saja bis ajadi pebelajar hanya dengan nongkrong di depan komputer, dan mengakses internet. E-learning yang kini berkembang menjadi online education, bahkan telah menjadi industri yang nilainya jutaan dollar Amerika.

Perubahan besar terjadi, dari sistem pembelajaran klasikal menjadi individual. Makna sekolah harus kita lihat kembali, bukan sekedar bangunan dengan bangku dan guru yang ceramah di depan kelas. Sekolah, sudah menjadi ruang terbuka dimana siapa saja bisa belajar, kapan saja, dari siapa saja. Infografis berikut ini meringkasnya dengan cara yang lebih menarik daripada kita berpanjang-panjang dengan artikel.

Silakan menyimak! »

revolusi media

Komentar Anda?


Gabung Melekmedia!