23 September, 2013 

[Infografik] Serba Pertama dalam Sejarah Internet

Oleh: Melekmedia
Tentang:  –  1 Komentar

Sejarah internet sudah dimulai pada 1969 oleh Departemen Pertahanan AS, melalui teknologi yang disebut ARPANET. Tapi tahukan Anda, istilah “internet” sendiri baru ditemukan pada 1982?

ARPANET, atau Advanced Research Projects Agency Network, merupakan jejaring komputer eksperimental pertama yang menjadi awal dari sejarah internet. Advanced Research Projects Agency (ARPA), sebuah lembaga di bawah Departemen Pertahanan AS, mendanai pengembangan ARPANET ini sejak akhir 1960-an.

Cita-cita awalnya adalah menghubungkan komputer di lembaga-lembaga riset yang didanai Pentagon, melalui jejaring telepon. Pihak militer berupaya membuat sistem komunikasi antar-komputer yang tak terpusat, tanpa markas utama atau pusat operasi yang bisa dilumpuhkan musuh.

Namun, sejatinya gagasan ARPANET lebih bersifat akademis daripada militeristis, lantaran yang terhubung adalah lembaga-lembaga riset dalam pendanaan Pentagon. Dalam perjalanannya, saat kian banyak lembaga terhubung, jejaring baru ini menjelma jadi seperti tentakel, persis seperti yang diimpikan pihak militer.

Tepatnya pada 5 Desember 1969, ARPA berhasil menghubungkan empat jejaring komputer masing-masing dari University of California, Los Angeles, (U.C.L.A.), the Stanford Research Institute (S.R.I.) in Menlo Park, Calif., U.C. Santa Barbara (UCSB), dan University of Utah.

Jejaring ARPANET ini terus tumbuh hingga kemudian dikenal sebagai “internet”. Ditandai oleh lahirnya protokol TCP/IP, atau Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) di Stanford pada 1975. Di baliknya ada peran direktur Information Processing Techniques Office (IPTO) DARPA, Dr. Vint Cerf.

Pada Januari 1983, semakin banyak jejaring individu yang terkoneksi satu sama lain, sehingga ARPANET pun menjelma menjadi internet. Adapun jejaring asli ARPANET baru benar-benar dihentikan pada 1990.

Banyak sekali yang terjadi setelah peristiwa penting ini, hingga menjadi salah satu fenomena dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. Rangkumannya, sudah dibuatkan Evevo, melalui infografik berikut ini.

Selamat belajar 🙂

Satu Komentar untuk “[Infografik] Serba Pertama dalam Sejarah Internet”

  1. Дать объявление

    baru tau kalo webcrawler itu search engine pertama di internet, thanks nice info


Topik

Komentar

Gabung Melekmedia!