Beranda  »  Artikel » Literasi Baru   »   BBC Media Literacy Mini Site (Offline)

BBC Media Literacy Mini Site (Offline)

Oleh: rahadian p. paramita -- 5 Februari, 2010 
Tentang: , ,  –  Komentar Dinonaktifkan pada BBC Media Literacy Mini Site (Offline)

Tidak sengaja jalan-jalan ke web-nya BBC, BBC Media Literacy, ternyata mereka punya website kecil, atau seringkali disebut minisite, yang menjelaskan banyak hal mengenai media.

Dalam minisite itu sendiri dibagi dalam 3 kategori besar, USE, UNDERSTAND, dan CREATE. Ini sesuai dengan prinsip dasar dalam Media Literasi, yang dimulai dari Acces, Analize, Evaluate, Create, dan Participate.

Kategori USE, berisi pemanfaatan teknologi informasi untuk berbagai keperluan. Misalnya ada salah satu video yang ceritanya tentang ibu dan anak yang memanfaatkan fitur GPS dalam handphone untuk keperluan sehari-hari.

Si anak, Alisha (15 tahun) sangat doyan keluyuran pesta di berbagai tempat, dan seringkali meresahkan keluarganya. Agar mudah menemukan keberadaannya, Alisha setuju untuk mengaktifkan GPS di handphone-nya, sehingga si ibu bisa melacaknya.

Kategori UNDERSTAND, berisi penjelasan mengenai proses pembuatan tayangan-tayangan di televisi dan radio BBC. Do you know how television and radio programmes are made? What is the process behind putting the news on air every day, or designing the costumes for Dr. Who?

Itulah kira-kira pertanyaan yang ingin dijawab dalam kategori ini. Dari contoh video yang ada pada kategori Understand, ditayangkan behind the scene beberapa film yang pernah di-database-kan

Sedangkan kategori CREATE, berisi tips-tips dan tutorial bagaimana membuat media. Ada tips pembuatan program radio, dari praktisi radio, ada lomba pembuatan film yang mendorong keluarga secara creative membuat videonya sendiri, dll.

Ada contoh program pengembangan film, bernama Blast yang melayani pelatihan pembuatan film gratis, menampung karya-karya kreatif dan menampilkannya, dan membuat review bersama-sama.

Program ini bahkan juga mengadakan festival!

Tidak ada penjelasan yang detil mengenai media literacy di web ini, tapi Anda bisa temukan greeeting yang terpampang di halaman utama,

Welcome to the BBC Media Literacy website where you will not only find BBC content from TV, Radio, Online and News but also your guide to understanding, using and creating media. We’ve chosen our best articles and clips divided into the following areas: Use, Understand, Create.

Lalu ada slogan di bawah heading Media Literacy, yaitu “your guide to understanding, using and creating media“. Bisa diasumsikan kita dapat belajar mengenai permediaan di sini..

Semua materi dalam minisite ini dalam bentuk video, dan sayangnya, sebagian besar di antaranya ada keterangan Not Available in Your Area, yang mungkin maksudnya video tersebut tidak bisa diputar karena diakses dari Indonesia.

Artikel lain sekategori:

Maaf, Anda tak bisa lagi berkomentar.